Bawaslu Mulai Waspadai Calon Independent

Bawaslu Mulai Waspadai Calon Independent
Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi mulai mengajukan persyaratan terkait calon kandidat di Pilgub Jambi 2020 mendatang.

Bawaslu menyebut akan melakukan verifikasi dan faktualisasi kebenaran dukungan ketika benar-benar ada calon calon kepala daerah (bacakada) yang mendaftar untuk jalur perseorangan di Pilgub Jambi.

"Tentu saja kami berkordinasi dengan KPU Provinsi Jambi, apakah ada kandidat yang perlu mendaftar dari jalur perseorangan," kata Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Fachrul Rozi.

Pria yang akrab disapa Paul ini menjelaskan sebelumnya memang KPU Provinsi Jambi telah meminta persyaratan minimal bagi masyarakat yang ingin mencalonkan diri melalui jalur perseorangan ini.

"Ini memang lebih kurang 200 ribu dukungan KTP. Jadi nanti satu KTP dilengkapi dengan satu surat persetujuan," katanya.

Mantan Anggota Bawaslu Kota Jambi ini memulai, pihaknya juga telah menyetujui potensi masalah yang akan muncul pada saat pendaftaran calon persorangan.

"Itu terutamanya mengesampingkan dukungan calon persorangan. Tentu saja persyaratan dukungan KTP akan menyetujui dan faktualkan kebenaran dari hasil administrasi yang kita terima," tutupnya. 

Penulis: Dewi Anita

Editor: Rhizki Okfiandi