Dishub Jambi Prediksikan Lonjakan Penumpang Via Darat 10 Persen Lebaran Idul Fitri

Dishub Jambi Prediksikan Lonjakan Penumpang Via Darat 10 Persen Lebaran Idul Fitri

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Tingginya harga tiket angkutan pesawat, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi memprediksi akan meningkatnya lonjakan penumpang via darat mencapai 5-10 persen dari sebelumnya hanya 2 Persen.

 

Guna mengantisipasi lonjakan ini, Dishub telah menyiapkan 668 unit kendaraan yang terbagi dari beberapa PO seperti Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) 312 unit kendaraan dan cadangan 12 unit dari 24 PO. Kemudian  Antar Kabupaten Dalam Provinsi (AKDP) 265 unit kendaraan dari 21 PO, Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) 57 unit kendaraan dari 2 PO, Pariwisata 22 unit kendaraan dari 1 PO.

 

Dikatakan Kabid Darat Dishub Provinsi Jambi, Wing Gunariadi Sabtu (25/5/2019) bahwa untuk kendaraan yang akan berangkat dari terminal resmi yakni Simpang Rimbo, Merangin Sarolangun dan Bungo akan dilakukan Ramp check kesiapan kendaraannya.

 

"Apabila kendaraannya telah memenuhi syarat untuk diberangkatkan maka akan kita berangkatkan," ujarnya.

 

Dikarenakan terminal Tipe A merupakan wewenang pusat, maka Dihub Provinsi akan bekerjasama dengan Balai Transportasi Darat Wilayah Lima Jambi untuk melaksanakan kegiatan Ramp check.

 

Disampaikannya, untuk terminal Simpang Rimbo sendiri, pihaknya akan melaksanakan pencanangan pada 28 Mei 2019 yang akan melibatkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi dan Jasa Raharja, dimana nantinya para pengemudi angkutan umum akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dan narkoba.

 

"Kita laksanakan ini untuk memberikan rasa nyaman terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran," katanya.

 

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan posko pengaman dan posko pelayanan masing-masing  kabupaten/kota pada jalur-jalur lintas mudik di wilayah Provinsi Jambi.

 

Tidak hanya itu, Rest Area untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga telah disiapkan. "Res Area di wilayah kita ini sebagian besar di SPBU, jembatan timbang," tuturnya. (red)

 

Reporter : Deni S