Disiapkan Lomba Dayung Nasional, Begini Langkah Wako Jambi Bersihkan Danau Sipin

Disiapkan Lomba Dayung Nasional, Begini Langkah Wako Jambi Bersihkan Danau Sipin

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Walikota Jambi SY Fasha menjelaskan bahwa pada Juli mendatang, Danau Sipin akan digunakan untuk lomba dayung tingkat nasional. Namun sebelumnya, pada 30 Juni mendatang akan dilakukan uji coba dengan melaksanakan lomba perahu naga di Danau Sipin. Ini masih merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kota Jambi.

 

“Untuk itu kita akan terus melakukan pembersihan di Danau ini. Sebelum dilaksanakan lomba dayung tingkat nasional pada Juli. Terlebih dahulu dilaksanakan uji coba lomba perahu naga pada 30 Juni mendatang dan untuk semua keramba akan segera dipindahkan,” bebernya.

 

Sementara terkait sarana dan prasaraan kebersihan di sekitar danau, Pemkot sudah menempatkan sebanyak 11 petugas kebersihan yang secara permanen membersihkan lokasi disekitar danau.

 

“Kalau untuk keramba ini akan ada ganti rugi. Anggarannya nanti kita tunggu di pengesahan APBDP. Akan baru bisa kita bayar di bulan Agustus. Nantinya semua keramba akan dipindahkan tidak ada lagi yang di tengah danau,” bebernya.

 

Nantinya juga untuk menjaga agar sampah tidak masuk ke dalam danau, akan dibuatkan terali di sungai kambang dengan menggunakan sistem zig zag. “Supaya sampah plastik bisa menyangkuit diteralis dan tidak masuk ke danau,” bebernya.

 

Disampaikan Fasha bahwa kelanjutan pembangunan di kawasan Danau Sipin terus dilaksanakan. Baik melalui APBD Kota Jambi, Provinsi Jambi maupun dari anggaran pusat. “Kita terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan BWSS untuk pembangunan selanjutnya,” pungkasnya. (RED)

 

Reporter : Dewi Anita