Kenal Pamit Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan: Silaturahmi Tetap Kita Jaga

Kenal Pamit Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan: Silaturahmi Tetap Kita Jaga
AKBP Dadan Wira Laksana. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Kenal Pamit Kapolres Sarolangun dari penjabat yang lama AKBP Dadan Wira Laksana, SIK, M.AP kepada penjabat yang baru AKBP Deny Heryanto, S. IK, M. Si, Selasa (24/09) di Aula Mapolres Sarolangun.

AKBP Dadan Wira Laksana, dalam sambutannya mengatakan bahwa selama 2,5 tahun dirinya bertugas di Kabupaten Sarolangun dimulai pada bulan puasa tahun 2017 yang lalu. 

Tentunya dalam masa jabatan ini banyak sekali kenangan dan pengalaman yang bisa dipetik, khususnya dalam situasi khamtibmas yang tetap kondusif. 

"Dua tahun yang lalu saat bulan puasa tahun 2017 saya datang kesini untuk bertugas, jadi tiga kali saya puasa disini, lebaran juga tiga kali. Selama 2 tahun lima bulan lamanya saya bertugas disini, di Kabupaten yang penuh kebanggaan, disini saya banyak mendapatkan ilmu, syarak bersendi kitabullah, disini banyak hukum adat yang digunakan," katanya. 

Dadan juga mengatakan selama melaksanakan tugas, banyak sekali dukungan dari seluruh pihak. Mulai dari jajaran Forkompinda, Tripika Kecamatan, insan pers dan tokoh-tokoh masyarakat dalam membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi selama bertugas di bumi sepucuk adat serumpun pseko. 

"Banyak hal yang sudah dibantu oleh pak Bupati dan Forkompimda dalam mengatasi permasalahan. Dengan kekompakan Forkompinda dibawah kendali pak Bupati, Alhamdulillah semua agenda nasional, agenda lokal bisa kita amankan," katanya. 

Selain itu, Dadan juga meminta agar hubungan silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik selama ini tetap terjaga dengan baik, ia berharap agar kedepan hubungan silaturahmi tetap terjaga dengan baik. 

"Dengan waktu 2,5 tahun melaksanakan tugas disini, ini menjadi dalam satu bab pengabdian saya dalam menjalankan tugas di kepolisian. Tentunya sudah banyak yang dikenang selama saya bertugas disini, selama saya bertugas lebih banyak sukanya. Disini banyak perbedaan, sangat kental sekali dengan kebudayaan. Semoga kami bisa melaksanakan tugas dengan baik dan amanah di tempat yang baru," katanya. 

Sementara Kapolres Sarolangun yang baru AKBP Deny Heryanto mengatakan dalam menjabat sebagai Kapolres Sarolangun menggantikan penjabat yang lama, ia berhatap agar hubungan silaturahmi dengan Forkompinda Sarolangun, insan pers dan tokoh masyarakat dapat berlanjut di masa yang akan datang. 

Deny juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada Kapolres Sarolangun yang lama AKBP Dadan Wira Laksana yang mendapatkan jabatan baru sebagai Wadir Reskrimum Polda Jambi, yang mendapatkan promosi jabatan. Ia berkomitmen kedepan akan melanjutkan program yang dijalankan oleh Kapolres Sarolangun yang lama. 

"Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, maka kita berusaha untuk bisa menyatu dengan masyarakat dan pemerintahan. Kami berharap jalinan silaturahmi yang terjalin dengan baik tetap bisa berlanjut selama saya bertugas di Kabupaten Sarolangun. Kita doakan bersama pak Dadan bisa lebih sukses lagi, dan tentunya saya akan melanjutkan program yang telah dibangun oleh pak Dadan selama bertugas di sarolangun," kata pria asal Jawa Timur ini.

Sementara itu, Bupati Sarolangun Cek Endra dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kapolres Sarolangun yang lama AKBP Dadan Wira Laksana, selama 2,5 tahun lamanya bertugas sudah banyak kenangan yang dilakukan bersama Forkompinda Sarolangun. 

Katanya, Kapolres Sarolangun yang lama ini selalu aktif dalam membantu pengamanan kegiatan yang dilakukan oleh Forkompinda, masyarakat serta kegiatan sosial lainnya baik sifatnya nasional, provinsi maupun lokal. 

"Kami selaku masyarakat sarolangun mengucapkan terima kasih kepada bapak Dadan selama pengabdiannya di sarolangun. Kepada bapak Kapolres yang baru, bapak Deny kami harap mudah-mudahan bapak berkenan, berkolaborasi dengan kami, menjalin hubungan yang baik, dan insa allah kami siap mendukung bapak dalam melaksanakan tugas di Kabupaten Sarolangun, mudah-mudahan Kabupaten Sarolangun kedepan bisa lebih baik lagi," katanya. 

Selain itu, kata Bupati dua periode ini juga mengatakan saat ini Kabupaten Sarolangun masih berupaya dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta bencana kabut asap yang sudah menyelimuti wilayah Kabupaten Sarolangun. Begitu juga persoalan narkoba, harus ditangani bersama untuk memerangi narkoba dengan melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat, ke sekolah-sekolah, karena tidak cukup jika hanya membangun panti Rehabilitasi Narkoba. 

"Mohon dukungan bapak Kapolres Sarolangun bagaimana meningkatkan siaga karhutla hingga ke desa, bencana ini harus kita siaga dan siap semua, karena untuk menangani ini harus dilakukan secara bersama, pak dewan saya titipkan anggaran untuk sosialisasi karhutla ini Rp1 Miliar, begitu juga dengan anggaran sosialisasi narkoba nanti akan saya titipkan di dinas pendidikan untuk melakukan sosialisasi ke sekolah," katanya. (RED)

Reporter : Arfandi S