MUI: Pernyataan Amien Rais soal Pencopotan Kapolri Tito Bisa Picu Kegaduhan

MUI: Pernyataan Amien Rais soal Pencopotan Kapolri Tito Bisa Picu Kegaduhan

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengatakan pernyataan Amien Rais soal Kapolri Tito Karnavian dapat memicu kegaduhan politik.

"Menuntut seorang pejabat negara agar dicopot dari jabatannya dengan alasan tidak jujur, korupsi dan tidak layak tanpa didukung oleh alat bukti yang cukup, bukan saja akan menimbulkan kegaduhan, syak wasangka dan suasana saling curiga," kata Zainut di Jakarta, Jumat.

Zainut khawatir jika Amien Rais tidak bisa membuktikan tuduhannya. Jika begitu, Tito dapat menuntut balik Amien karena diduga melakukan tindak pidana pencemaran nama baik dan perbuatan menyerang kehormatan.

"Jika hal itu terjadi maka bisa dibayangkan betapa gaduhnya situasi dan kondisi kehidupan bangsa kita," kata dia, seperti dilansir Antara.

Dia mengimbau tokoh dan elit politik untuk membangun budaya politik dan demokrasi yang santun dilandasi nilai-nilai luhur, akhlakul karimah dan berkeadaban. Penting juga untuk berperilaku proporsional dan tidak berlebihan, baik dalam menyampaikan pendapat maupun kritik sehingga tidak menimbulkan polemik dan kegaduhan. (red)