Persoalan Siswa Bisa Sekolah Gratis di Swasta Ini Penjelasan Wawako Jambi

Persoalan Siswa Bisa Sekolah Gratis di Swasta Ini Penjelasan Wawako Jambi
Wawako Jambi Maulana saat bercengkrama dengan siswa SD di Jambi (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Hari pertama seluruh pelajar baik Paud, TK, SD dan SMA/SMK masuk sekolah. Wakil Walikota Jambi, Maulana melakukan peninjauan langsung di beberapa sekolah yang ada di Kota Jambi diantaranya SDN 28 dan SMPN 20 Kota Jambi, Senin (15/7). 

Dalam peninjauan ini, Wawako menjelaskan banyak PR yang harus dilakukan Pemerintah Kota bersama Diknas Pendidikan. Maulana mengatakan, dari 11 ribu lebih siswa yang tamat SD hanya sekitar 6.000 lebih yang bisa masuk ke SMP Negeri. 

"Kita punya PR besar khusunya untuk PPDB tingkat SMP, dimana kuota untuk SMP Negeri hanya 6.000 siswa, sementara tahun ini yang tamat SD sebanyak 11 ribu lebih," kata Wakil Walikota Jambi. 

Tentunya dengan kejadian hal ini, ada 4.000 lebih siswa atau 44 %  yang mau tidak mau melanjutkan ke SMP Swasta. Wakil Walikota Jambi dalam hal ini mengajak kerja sama kepada pihak sekolah swasta, untuk bisa menerima 44 % siswa ini. 'Serta bekerja sama dengan Pemerintah Kota dalam hal Program Jambi cerdas," kata Wakil Walikota Jambi. 

Permasalahan yang ada keberatan, orang tua untuk memasukkan anaknya ke sekolah swasta dikarenakan pembiayaan. Khusunya bagi keluarga yang tidak mampu dan sederhana. 

"Nah, melalui program Jambi Cerdas kita memastikan siswa yang masuk keswasta tetap gratis alias tidak membayar. Orang tua bisa meminta kepada RT setempat surat keterangan tidak mampu untuk bisa dilampirkan disekolah," jelas Wakil Walikota. 

Apapun upaya Pemerintah Kota tetap berupaya untuk bisa mensejahterakan masyarakat tentunya di dunia pendidikan bagi anak penerus bangsa. (RED)

Reporter : Dewi Anita