Anak Panti Sumenep Itu Jadi Ketum Pemuda Muhammadiyah

Anak Panti Sumenep Itu Jadi Ketum Pemuda Muhammadiyah
Cak Nanto bersama delegasi Pemuda Muhammadiyah dari Jambi. (istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - sebagai Ketum PP Pemuda Muhammadiyah baru, Sunanto akan memperkokoh gerakan Pemuda Muhammadiyah di bawah tenda besar tauhid, ilmu, dan amal. Bagi Cak Nanto, Pemuda Muhammadiyah akan terus bergerak memajukan bangsa.

“Kemajuan dalam komitmen saya juga terletak pada kemajuan dan kesuksesan dalam berkepribadian," ucap pria biasa disapa Cak Nanto, Kamis (29/11).

Muhammadiyah adalah gerakan islam, dakwah dan kultural, sehingga tidak boleh menyeretnya kepada kepentingan politik pragmatis. "Individu-Individu silakan, itu pilihan, tapi jangan bawa-bawa nama besar muhammadiyah," tegasnya.

Cak Nanto, lahir di Sumenep, Jawa Timur, merupakan kader otentik persyarikatan yang tumbuh dan berkembang dari proses perkaderan Muhammadiyah. Ia dibesarkan di Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) Sumenep.

Cak Nanto berjuang memupuk kapasitas dirinya dengan aktif bergiat di ortom; IPM, IMM, dan Pemuda Muhammadiyah. Sebelum terpilih menjadi ketua umum, Cak Nanto merupakan Ketua Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga Pemuda Muhammadiyah.

Dikalangan aktivis demokrasi, Cak Nanto sangat tersohor. Ia tokoh muda yang merawat demokrasi. Hari-hari Cak Nanto selain berdakwah di persyarikatan juga bekerja di dunia kepemiluan. Selama 10 tahun, dirinya berkiprah dalam Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) hingga saat ini. (red)