Begini Kesepakatan Bupati Bungo dan Warga Dusun Ujung Tanjung Soal Pilkades

Begini Kesepakatan Bupati Bungo dan Warga Dusun Ujung Tanjung Soal Pilkades
Warga Ujung Tanjung bersama Bupati membuat kesepakatan soal Pilrio. (BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Bupati Bungo H.Mashuri,SP,ME menerima kedatangan warga Ujung tanjung Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo, di wisma alisudin rumah dinas Bupati Bungo Selasa malam (29/01). untuk menyelesaikan permasalahan Pilrio yang diselenggarakan oleh panitia Dusun ujung Tanjung.

Mashuri mengatakan bahwa surat hasil Pemenang Pilrio dusun Unjung tanjung belum ada sampai ditangannya hingga kini. “Belum ada surat itu ke tangan saya,” katanya.

Dia menjelaskan harus ada tahapan Pilrio yang harus dilewati, diantaranya panitia harus mengambil surat suara.. kemudian panitia harus melakukan pemilihan Rio beberapa TPS yang sudah disediakan. “Panitia harus ada berita acara siapa pemenang hasil Pilrio tersebut, panitia harus mengumumkan pemenang Pilrio terpilih yang dikirim ke camat dan diteruskan oleh Bupati melalui Dinas PMD Kabupaten,” katanya.

Hingga akhirnya dibuatkan kesepakatan dengan musyawarah dengan warga Ujung Tanjung untuk melakukan pemilihan ulang Rio pada 16 Februari 2019 mendatang.

“Alhamdulillah kesepakatan ini di setujui oleh Masyarakat Dusun Tanjung" ujar Mashuri.

Adapun Hasil Poin - Poin rapat tentang keputusan penyelesaian Pilrio ujung tanjung sebagai berikut.

1. Kedua belah pihak sepakat melaksanakan Pilrio ulang di dusun ujung tanjung tahun 2019.

2. Seluruh panitia pemilihan Rio di tingkat Dusun ujung tanjung tahun 2018 dibubarkan, dan penetapan panitia yang baru tahun 2019 di minta bantuan pendampingan pihak Kecamatan dan Kabupaten untuk memilih personil panitia

3. Anggaran pelaksanaan Pilrio Dusun Ujung Tanjung tahun 2019 bersumber dari APBD Dus tahun 2019.

4. Calon Rio tahun 2019 tetap mengacu berdasarkan Pilrio sebelumnya terdiri dari 2 calon yaitu Susanto, dan Hendra

5. Pemilihan Rio ujung tanjung dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2019.

6. setelah diadakan Pilrio tahun 2019 tidak ada lagi gugatan dari masing-masing pihak tentang hasil Pilrio.

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Bupati Bungo,Sekda Bungo, Unsur Forkopimda Kabupaten Bungo, Asisten I Setda Bungo, Staf Ahli Bupati, Kepala  Dinas PMD, Ketua BPD Desa Ujung Tanjung, beserta anggota. (red)