Bupati Merangin Heran, PAD Jeblok dan OPD Tak Capai Target

Bupati Merangin Heran, PAD Jeblok dan OPD Tak Capai Target
Bupati Merangin Al Haris. (ist)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Realisasi pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Merangin pada 2018 lalu minim. Akibatnya, pada 2019 ini, target PAD diturunkan. Pada 2018, target PAD Kabupaten Merangin Rp 88,9 miliar (M) namun ditahun ini turun menjadi Rp 87,6 miliar.

Menurunnya target dikarenakan banyak OPD yang tak capai target. Bahkan OPD yang memegang program visi Misi Bupati yaitu Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum , Dinas Perikanan dan beberapa OPD lainnya dibawah 70 persen.

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, target PAD dalam satu tahun sebanyak Rp 340 juta, sementara yang terealisasi hanya Rp 116 juta atau hanya 34 persen, kemudian Pekerjaan Umum dengan target Rp 650 juta dan terealisasi hanya Rp 325 atau 50 persen. Sedangkan Dinas Perikanan dengan target Rp 85 juta sementara yang terealisasi hanya Rp 44 juta atau hanya 52 persen.

Menanggapi hal itu, Bupati Merangin Al Haris ketika dikonfirmasi menyebut bahwa dirinya cukup kecewa dengan minimnya realisasi anggaran dibeberapa OPD.

Menurut Haris, di Kabupaten Merangin cukup banyak objek wisata yang bisa dipungut retribusinya untuk di jadikan PAD, namun pada kenyataannya, target yang hanya Rp 340 juta itu hanya terealisasi sekitar 34 persen.

"Heran, setiap tahun tak pernah capai target," kata Haris kemarin.  (red)

 

Kontributor : Rhizki Okfiandi