Coaching Clinic SAKIP, Maulana: Pengelolaan Birokrasi dan Integritas Kita Pelayanan kepada Masyarakat

Coaching Clinic SAKIP, Maulana: Pengelolaan Birokrasi dan Integritas Kita Pelayanan kepada Masyarakat
Wakil Walikota Jambi Maulana saat membuka Coaching Clinic SAKIP. (Dewi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI -  Bertempat di ruang pola Kantor Walikota Jambi, Kamis (13/06) dilaksanakan Coach Clinic SAKIP Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas Pemkot Jambi. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Jambi, H Dr Maulana, dan dihadiri oleh seluruh Kepala OPD termasuk Camat dan Lurah di lingkungan Kota Jambi.

 

Wakil Walikota Jambi Maulana menyatakan kegiatan ini merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua. “Mengingat penyelenggaraan urusan pemerintah merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi kita selaku ASN khususnya di daerah otonom Kota Jambi yang tercinta ini,” katanya.

 

Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah atau yang sering disebut SAKIP, reformasi birokrasi dan juga zona integritas adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mencapai Good Government dan melakukan pembaharuan dan perubahan berdasarkan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah terutama yang terkait dengan paradigma.

 

“Pengelolaan birokrasi akuntabilitas kinerja dan penggunaan anggaran yang berorientasi pada hasil yang terbaik untuk setiap rupiah yang digunakan termasuk juga mengenai integritas kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Maulana.

 

Upaya - upaya tersebut tidak lain adalah untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dan berkarakter berintegritas, bebas dan bersih dari KKN. Melayani publik dengan baik dan memegang teguh nilai-nilai dasar serta kode etik aparatur sipil negara

 

“Selaku Kepala daerah kami memiliki komitmen yang kuat terkait dengan peningkatan SAKIP,  reformasi birokrasi dan zona integritas di pemerintah kota Jambi yang sama-sama kita banggakan ini,” katanya.

 

“Namun demikian kita perlu lebih dari sekedar semangat,  kita harus memahami betul substansi pentingnya konsistensi dalam mengimplementasi nya dan juga upaya-upaya konkret untuk meningkatkan kualitas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah secara keseluruhan,  sejak mulai dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan pengendalian dan pengawasan serta evaluasinya khususnya untuk SAKIP,” paparnya.

 

Coaching Clinic yang dilaksanakan hari ini pada hakekatnya bertujuan untuk lebih meningkatkan lagi pemahaman dan kapasitas sehingga kinerja pemerintah yang bersih dan baik dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu. “Termasuk peningkatan apresiasi pemerintah melalui nilai SAKIP dan RB pemerintah kota Jambi sebagai ukuran kita semua dalam mengelola pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Maulana.  (red

 

Reporter : Dewi Anita