Heboh! Penampakan Matahari Halo di Langit Cilacap

Heboh! Penampakan Matahari Halo di Langit Cilacap
Matahari Halo di Cilacap. (istimewa)

BRITO.ID, BERITA CILACAP – Adanya penampakan matahari halo berupa bulatan cahaya seperti pelangi mengelilingi matahari terlihat di langit Cilacap. Fenomena optis ini terjadi karena pembiasan sinar matahari oleh awan tinggi dan jarang muncul di daerah tropis.

Dilansir Wikipedia halo, disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan.

Ada berbagai macam halo, tetapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km atau 3–6 mil di lapisan atas troposfer.

Fenomena ini bergantung pada bentuk dan arah kristal es, cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma, sehingga sinar matahari menjadi terpecah ke dalam beberapa warna karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi.

Halo juga kadang-kadang dapat muncul di dekat permukaan bumi, ketika ada kristal es yang disebut debu berlian.

Kejadian ini dapat terjadi pada cuaca yang sangat dingin, ketika kristal es terbentuk di dekat permukaan dan memantulkan cahaya.

Sebelum ilmu meteorologi dikembangkan, Fenomena atmosfer Halo digunakan sebagai sarana untuk prakiraan cuaca.

Fenomena optis lain yang disebabkan oleh kristal es di angkasa adalah pelangi.

Dilansir Tribun Jogja edisi 3 Februari 2011 peristiwa itu biasa terjadi pada siang hari, saat posisi matahari sedang tegak lurus terhadap Bumi. Maka cahaya yang dibelokkan pun juga lebih kecil. (red)