Kadinkes Jambi: Usai Lebaran, Waspadai Penyakit Rentan Serang Warga

Kadinkes Jambi: Usai Lebaran, Waspadai Penyakit Rentan Serang Warga
Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi Ida Yuliati. (Dewi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI -  Lebaran dengan makanan berlemak, santan dan mentega tentunya sudah menjadi tradisi masyarakat.  Berbagai ragam makanan yang menjadi ciri khas setiap lebaran tentunya menjadikan pola makan yang berbeda dihari biasanya.

 

Dengan perubahan pola makan tersebut tentunya juga akan ada perubahan disisi kesehatan. Berbagai penyakit biasanya yang sering mengidap warga pasca lebaran yaitu batuk, filek, diare, hipertensi, dan kolesterol.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi Ida Yuliati menanggapi sakit pasca lebaran mengatakan, selain dari pola makan penyakit pasca lebaran juga bisa terjadi karena perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau.

 

Masyarakat dihimbau untuk bisa menjaga pola makan disaat lebaran terutama untuk anak - anak yang rentan sering terkena diare, batuk dan filek.

 

“Biasanya habis lebaran ini yang terjadi setiap tahunnya itu penyakit diare, karena anak - anak sembarangan makan dan minum khusunya minuman yang bergas dan makanan kue mengandung mentega,” jelas Ida, Minggu (9/6).

 

Sementara itu untuk masyarakat yang usianya dewasa biasanya sering terkena kolestrol dan hipertensi, karena makanan yang dikosumsi saat lebaran pasti mengandung lemak santan. Hal itu pasti memicu kolestrol dan hipertensi ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi.

 

“Maka dari itu warga diharapkan untuk tetap menjaga pola makan selama lebaran untuk bis terhindar dari penyakit - penyakit tersebut. Usahakan banyak mengkomsumsi buah biar tidk dehidrasi dan minum air putih,” pungkas Ida.  (red)

 

Reporter : Dewi Anita