Kelenteng Shiu San Teng Tertua di Jambi Siap Sambut Imlek 2570 BE

Kelenteng Shiu San Teng Tertua di Jambi Siap Sambut Imlek 2570 BE
Imlek (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kelenteng Shiu San Teng, salah satu kelenteng tertua di Kota Jambi, siap menyambut ribuan warga keturunan Tionghoa di kota itu yang akan menjalani rangkaian ibadah Tahun Baru Imlek 2570 BE.

"Tidak ada persiapan khusus, kami hanya melakukan penataan untuk peribadatan Imlek yang puncaknya Selasa (5/2) besok," kata salah seorang pengurus Kelenteng Shiu San Teng Apong yang ditemui di Kelenteng Shiu San Teng di kawasan Kampung Manggis, Kota Jambi, Senin (4/2).

Berdasarkan pantauan di kelenteng itu, sejumlah pengurus kelenteng melakukan penataan lilin warna merah mulai dari yang berukuran kecil hingga besar.

Beberapa warga keturunan Tionghoa juga ada yang telah datang untuk melakukan ibadah di kelenteng itu.

Kelenteng Shiu San Teng yang merupakan kelenteng tertua dibangun sekitar 1881 itu, kata Apong, akan mulai ramai dikunjungi warga keturunan Tionghoa untuk aktivitas peribadatan mulai Selasa (5/2) dini hari.

"Besok (5/2) mulai dinihari mulai ramai berdatangan, biasanya sampai ribuan orang," katanya.

Dalam penyambutan Tahun Baru Imlek 2570 dengan Shio Babi itu, akan dilakukan berbagai ritual, yakni peribadatan terhadap Dewa Tua Pek Kong, pelepasan burung yang biasanya di halaman kelenteng.

Selain di Kelenteng Shiu San Teng, kemeriahan Imlek juga terasa di kawasan Pecinan di daerah Talang, Jauh, Jelutung, Kota Jambi.

Di depan rumah-rumah kampung Pecinan itu, mulai dihiasi lampion berwarna merah, sedangkan warga juga sibuk beraktivitas menyiapkan Tahun Baru Imlek.

"Ini sedang persiapan buat Imlek besok (5/2)," kata seorang warga di kampung Pecinan itu.

Prakiraan Hujan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jambi memprakirakan cuaca di Provinsi Jambi saat Imlek, Selasa (5/1), terjadi hujan lokal namun di beberapa wilayah cuaca cerah berawan.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha Jambi Kurnia Ningsih mengatakan pagi hari cuaca umumnya berkabut dan siang hari di enam kabupaten di wilayah Jambi berpotensi hujan lokal.

"Hujan lokal diperkirakan terjadi siang hari di wilayah Muarabulian, Bangko, Sekernan (Muarojambi), Sarolangun, Kota Jambi, dan Siulak (Kerinci)," kata dia.

Hujan lokal berpotensi terjadi di Sarolangun, Kota Sungaipenuh, Bangko (Merangin), sedangkan Bungo berpotensi hujan petir.

Di tiga wilayah, yakni Muarasabak (Tanjung Jabung Timur), Tebo, dan Kualatungal (Tanjung Jabung Barat) cuaca diperkirakan cerah berawan sejak pagi hingga malam hari.

BMKG mengimbau masyarakat waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir serta angin kencang, khususnya wilayah Kabupaten Bungo, Sarolangun, dan Merangin. (RED)