KEREN.!!! Destinasi Wisata Edukasi dan Sejarah di Semarang Ini Tak Boleh Kamu Lewatkan

KEREN.!!! Destinasi Wisata Edukasi dan Sejarah di Semarang Ini Tak Boleh Kamu Lewatkan
Foto : Klenteng Gedung Batu Sam Po Kong Semarang

BRITO.ID - Semarang merupakan salah satu kota yang cukup cepat berkembang. Kota Semarang juga merupakan kota yang cukup strategis karena berada di tengah-tengah jalur Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Jika kamu ke Semarang dan ingin menikmati kuliner khas dan enak asal kota tersebut, sebaiknya kamu menjelajah kota ini pada malam hari. Maka kamu akan menemukan banyak sekali makanan khas enak yang siap untuk kamu santap.

Tidak hanya kuliner khasnya, Semarang juga dikenal dengan kota yang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Tidak hanya menghibur, destinasi wisata yang ada di kota ini juga sarat akan edukasi dan sejarah.

Nah, berikut 7 destinasi wisata di Semarang yang sarat akan edukasi dan sejarah yang wjib kamu kunjungi saat kamu berada di sana.

Lawang Sewu

Photo credit: Pegipegi

Lawang Sewu yang berarti seribu pintu ini dulunya merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Bangunan ini berdiri sejak 1907 dan pembangunannya dimulai sejak 1904. Gedung bersejarah ini terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein. Meski dinamakan Lawang Sewu, bangunan ini tidak benar-benar memiliki pintu hingga seribu. Dianggap memiliki seribu pintu karena bangunan ini memiliki jendela yang tinggi dan besar sehingga sering kali dikira sebagai pintu.

Dulunya bangunan ini juga pernah digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang lebih dikenal dengan PT Kereta Api Indonesia. Selain itu, gedung ini juga pernah digunakan sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) serta Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.

BACA JUGA

Museum MURI

Photo credit: Tribunnews

Museum MURI atau Museum Rekor-Dunia Indonesia ini merupakan museum yang terdiri dari data dan foto benda bersejarah. Terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 275, Semarang, Jawa Tengah, Museum MURI ini berdiri pada 1990 atas perintah dari Jaya Suprana. Gedung ini merupakan lembaga pertama yang menyimpan dan menjaga data-data rekor nasional maupun data rekor dunia.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan apa saja rekor yang pernah Indonesia dan dunia dapatkan, kamu bisa datang langsung ke museum yang buka pada 09.00 hingga 14.00 WIB dengan hanya membawa diri saja karena untuk masuk ke museum ini gratis loh!

 

Taman Marga Satwa Semarang

Photo credit: Mapio

Taman Marga Satwa Semarang ini memiliki sedikitnya 40 jenis satwa dan tentunya setiap periodenya akan ada tambahan jenis satwa lain. Menariknya setiap satwa yang ada di sini memiliki tempat tinggal atau kandang yang sangat disesuaikan dengan habitat aslinya. Setiap jenis satwa setidaknya terdapat 2-6 ekor.

Nah, lokasi wisata ini sangat menarik dikunjungi bersama keluarga besar, apalagi jika kamu memiliki keponakan. Pasti akan senang banget wisata sambil belajar langsung mengenai satwa-satwa yang mereka lihat di Taman Marga Satwa Semarang ini!

 

Sam Po Kong

Photo credit: mamikos

Kelenteng Gedung Batu atau Sam Po Kong adalah sebuah lokasi yang pernah digunakan sebagai persinggahan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam, Sheng He atau Cheng Ho. Di kelenteng merah atau Kelenteng Gedung Batu ini, kamu akan melihat patung besar yang merupakan patung Laksamana Cheng Ho dekat pintu dan kuil yang ada di sana.

Selain berwisata, kamu yang beragama Buddha juga bisa sekalian beribadah di sana.

 

Taman Budaya Raden Saleh (TBRS)


Photo credit: exploresemarang

Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) dulunya memiliki nama Taman Hiburan Rakyat. TBRS juga merupakan lokasi kebun binatang Semarang, maka tidak heran kalau lokasi ini penuh dengan pepohonan rindang yang notabene adalah habitat kebanyakan binatang. Namun, setelah kebun binatang pindah dan kini berada di Mangkang, maka taman ini namanya pun diganti menjadi Taman Budaya Raden Saleh.

Kini TBRS menjadi pusat kesenian dan kebudayaan Jawa Tengah. Nama TBRS sendiri terinspirasi dari seorang pelukis Indonesia yang cukup tersohor bernama Raden Saleh Sjarif Boestaman.

 

Candi Gedong Songo

Photo credit: Harga Tiket Masuk

Candi Gedong Songo terletak pada ketinggian 1.200 MDPL dan suhu udara di sana cukup dingin yaitu sekitar 19-27 °C. Terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terpatnya di lereng Gunung Ungaran. Pada komplek tersebut terdapat sedikitnya 9 candi.

Candi ini ternyata ditemukan oleh Raffles pada 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu di zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 sekitar 927 masehi. Objek wisata ini juga dilengkapi dengan mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, serta wisata berkuda.

 

Kota Lama Semarang

Photo credit: Wikipedia

Seperti namanya, Kota Lama Semarang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah dari zaman penjajahan yang pernah dialami oleh Indonesia. Peninggalan sejarah tersebut memang kebanyakan ada di Kota Lama Semarang.

Jika kamu pergi ke Semarang dan mengunjungi Kota Lama, maka ada beberapa destinasi wisatasekitar yang bisa kamu kunjungi, di antaranya, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, Persimpangan di Tengah Kota Lama, Gereja Blenduk, dan Polder Air Tawang. Masing-masing destinasi wisata tersebut memiliki sejarah tersendiri yang menarik untuk diulas loh!