Lapor Presiden Jokowi! Harga Terus Anjlok, Petani Kerinci Buang Sayuran Hasil Panen

Lapor Presiden Jokowi! Harga Terus Anjlok, Petani Kerinci Buang Sayuran Hasil Panen
Petani Kerinci yang membuang sayuran hasil panen. (istimewa)

BRITO.ID, BERITA KERINCI - Petani di Kerinci, Provinsi Jambi meluapkan amarahnya karena harga sayuran yang anjlok. Mereka membuang sayur mayur hasil panen ke jalan.

Petani di Kayu Aro Kabupaten Kerinci, Jambi menggelar membuang kentang, sayur kol dan bawang di Jalan Raya Kayu Aro-Solok Selatan, Sumatera Barat, Sabtu lalu (26/01/19).

Aksi membuang sayuran itu dilakukan oleh sejumlah petani. Sejumlah petani itu menginjak-injak sayuran di tengah jalan. Mereka menyincang lalu menghempas hasil panen itu. 

"Untuk apa dijual. Harga tidak sesuai dengan modal dan keringat kami," kata petani yang ikut membuang sayurannya.

Seperti diketahui harga sayuran yang dibeli dari petani terbilang anjlok. Kentang hanya dihargai Rp3000/kg, padahal selama ini harga kentang mencapai Rp6000 hingga Rp8000. Lalu cabai hanya Rp5000/kg, padahal biasanya bisa mencapai Rp15.000 hingga Rp30.000/kg.

Sementara bawang merah harganya kini hanya Rp6000 sampai Rp7000/kg, dari harga biasanya Rp12.000 sampai dengan Rp15.000.

Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Warga dan petani berharap agar pemerintah bisa mencari solusi dari rendahnya harga hasil pertanian ini.

Sebab untuk biaya yang dikeluarkan petani dari mulai menanam hingga panen cukup tinggi. Namun ketika harga jual rendah, maka sangat merugikan petani. "Biaya serba mahal. Pupuk mahal, belum lagi biaya pengolahan, bibit. Tapi tiba-tiba saat panen harga malah turun, kami rugi. Kami sakit hati," tutur petani. (red)