Ngeri! Kolam Renang Ini Berbentuk 360 Derajat di Ketinggian 200 Meter

Ngeri! Kolam Renang Ini Berbentuk 360 Derajat di Ketinggian 200 Meter
Kolamrenang tertinggi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA Menikmati kolam renang yang berada di atas gedung, tentu akan berbeda sensasinya daripada kolam renang biasa. Kolam yang berada di atas gedung tentu akan memiliki pemandangan yang menakjubkan dan hembusan angin yang kencang.

Semakin ke sini, semakin banyak pula inovasi mengenai kolam renang yang di tempatkan di atas gedung. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan bernama Compass Pools. Perusahaan ini memiliki kabar baik untuk penggemar ketinggian dan berenang.

Baru-baru ini, perusahaan ini mengumumkan desain baru yang membuat kolam renang berbentuk 360 derajat. Tak cuma itu, kolam renang ini akan ditempatkan di gedung pencakar langit di London.

Wow 360 derajat, bagaimana masuknya? Berikut ulasan mengenai kolam renang infinity pool yang dilansir dari Boredpanda, Minggu (9/6/2019).

Gedung pertama di dunia dengan inovasi kolam 360 derajat

Kolam renang yang menantang maut ini akan menjadi tren arsitektur terbaru di pusat Kota London. Kolam renang ini memungkinkan pengunjung mengapung lebih dari 200 meter di atas kaki langit ibu kota.

Desainer kolam renang di Compass Pools telah mengembangkan Infinity London, satu-satunya bangunan di dunia yang menggabungkan kolam renang tanpa batas 360 derajat.

Kolam tersebut terbuat dari akrilik cor, bukan dari kaca. Hal itu karena bahan ini mentransmisikan cahaya pada panjang gelombang yang sama dengan air sehingga kolam akan terlihat sangat jernih, yang nantinya akan membuat lantai kolam juga transparan. 

Cara memasuki kolam renang

Perenang yang ingin masuk ke kolam akan melalui tangga spiral yang berputar yang seperti pintu kapal selam. Masuk dari lantai kolam sebagai jalan masuk dan keluar.

Fitur teknis canggih lainnya termasuk anemometer bawaan untuk memantau kecepatan angin. Ini terkait dengan sistem manajemen bangunan yang dikendalikan komputer untuk memastikan kolam tetap pada suhu yang tepat dan air tidak tertiup ke jalan-jalan di bawah ini.

Menawarkan sentuhan inovatif pada energi terbarukan, sistem pemanas kolam akan menggunakan energi limbah dari sistem kondisi udara untuk bangunan. Gas panas yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari menciptakan udara dingin di dalam gedung akan mengalir melalui penukar panas untuk memanaskan air untuk kolam.

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam saja

Karena lantai kolam transparan, hal ini memungkinkan pengunjung untuk melihat orang yang sedang berenang di atas langit bila dilihat dari dalam gedung. Kolam ini juga dilengkapi dengan spektrum cahaya yang akan memberikan bangunan penampilan obor bertabur permata di malam hari.

Perancang dan direktur teknis kolam renang Compass Pool, Alex Kemsley berkomentar,

"Arsitek sering datang kepada kami untuk merancang kolam infinity atap, tetapi jarang kita mendapat suara dalam desain bangunan karena kolam biasanya merupakan renungan.

“Tetapi pada proyek ini, kami sebenarnya memulai dengan desain kolam renang dan pada dasarnya berkata, 'bagaimana kita menempatkan bangunan di bawah ini?'

“Ketika kami mendesain kolam, kami menginginkan pemandangan yang tidak terganggu, baik di atas maupun di bawah air," ungkapnya.

Namun hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi di mana lokasi tepatnya akan dibangun kolam renang ini. (red)