Pangeran Saudi Talal Bin Abdulaziz Wafat

Pangeran Saudi Talal Bin Abdulaziz Wafat
Talal Bin Abdul Aziz wafat. (istimewa)

BRITO.ID, BERITA RIYADH - Pangeran Talal bin Abdulaziz, pendukung vokal bagi pembaruan di Arab Saudi, telah meninggal dalam usia 87 tahun, pihak istana Kerajaan Arab Saudi mengabarkan pada Sabtu (22/12).

Anggota senior keluarga al-Saud sekaligus ayah pengusaha miliarder Alwaleed bin Talal itu sudah sakit selama bertahun-tahun.

Pangeran Talal tinggal di pengasingan di luar negeri tahun 1960-an, ketika penguasa Saudi mencabut paspornya setelah ia memimpin sekelompok pangeran menuntut perubahan konstitusional dan bersekutu dengan Presiden Mesir waktu itu, Gamal Abdel Nasser. Nasser adalah musuh bebuyutan Kerajaan Saudi.

Pangeran Talal kembali ke kerajaan itu setelah Faisal bin Abdulaziz al-Saud menjadi raja tahun 1964, dan setelah menurunkan retorikanya.

Pada 2011, ia mengundurkan diri dari sebuah lembaga, yang bertanggung jawab atas pengawasan proses pergantian kepemimpinan kerajaan di negara pengekspor pminyak terbesar di dunia itu.

Dia juga mendukung langkah memberi kaum wanita Saudi hak-hak asasi manusia yang lebih besar, untuk bekerja dan mengizinkan mereka mengemudi, serta langkah membatasi pengeluaran militer Riyadh.

Shalat jenazah untuk pangeran itu akan dilangsungkan Ahad di Riyadh. Pangeran Talal dirawat di rumah sakit di Riyadh walaupun tak jelas di mana dia wafat. (RED)