Pemkot Jambi Wacanakan Moda Transportasi Massal

Pemkot Jambi Wacanakan Moda Transportasi Massal
Ilustrasi (Dewi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi kembali mewacanakan pengadaan moda trasportasi massal di wilayah Kota Jambi.

Wacana ini diberlakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah kendaraan di Kota Jambi. Selain itu, juga bertujuan mempermudah masyarakat mengakses kendaraan umum.

Dilain pihak, juga bertujuan memberikan solusi untuk pengusaha angkutan umum yang saat ini sudah mengalami kemunduran dimakan zaman.

"Wacana ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses angkutan umum. Selain itu, sebagai solusi pengusaha angkutan umum yang mengalami kemunduran dengan dijadikan sebagai feeder, "ungkap Kadishub Kota Jambi, Saleh Ridho, Jumat (19/4).

Ridho menambahkan, feeder merupakan konektivitas ke bus yang ada sehingga masyarakat tidak terlalu lama mengakses angkutan massal yang ada.

"Persiapan sudah kita lakukan, mudah-mudahan berjalan sesuai rencana," pungkas Ridho.

Sebelumnya, Walikota Jambi H. Syarif Fasha terkait wacana adanya Bus Rapid Transit (BRT) menjelaskan telah melakukan penjajakan dengan salah satu investor.

"Kita akan siapkan bus dengan penumpang 14 orang termasuk sopir dengan aplikasi online, sehingga masyarakat lebih mudah mengakses angkutan berbasis online. Sementara angkutan umum (angkot) akan kita jadikan pengumpan dari rumah kerumah keempat titik kumpul angkutan online ini,"ungkap Fasha.

"Tahap awal kita akan mempersiapkan 4-5 angkutan online sebagai uji coba sebelum lebaran ini, namun target kita sampai 100 buah minimal, "pungkas Fasha. (red)

 

Reporter :Dewi Yana Safitri