Polres Bogor Tanggapi Serius Berita Hoaks Meninggalnya KH Arifin Ilham

Polres Bogor Tanggapi Serius Berita Hoaks Meninggalnya KH Arifin Ilham
Gubernur Anies saat menjenguk KH Arifin Ilham. (istimewa)

BRITO.ID, BERITA BOGOR - Polres Bogor Kabupaten, Polda Jawa Barat melakukan upaya pencegahan penyebaran berita bohong (hoax) terkait meninggalnya KH Arifin Ilham. Kasubag Humas Polres Bogor Kabupaten, AKP Ita Puspita Lena, kepada, di Bogor, Selasa (8/1)menyebutkan, pihaknya telah melakukan konfirmasi terhadap berita tersebut kepada aparat di wilayah.

"Kami langsung mengkonfirmasi kabar tersebut kepada Kapolsek Babakan Madang tempat Masjid Az-Zikra berada, menanyakan apakah benar kabar tersebut, bagaimana kondisinya, dan keadaan sebenarnya," kata Ita.

Melalui konfirmasi tersebut lanjut Ita, Kapolsek Babakan Madang, Kompol Wawan Wahyudin mengiformasikan bahwa kabar tersebut adalah berita bohong. Karena, kondisi KH Arifin Ilham baik-baik saja dan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Lantas saya meminta bukti-bukti tentang kondisi terakhir KH Arifin Ilham agar bisa disebarluaskan kepada masyarakat untuk menangkal berita bohong tersebut," kata Ita.

Kapolsek Babakan Madang mengirimkan tanggapa resmi terkait kondisi KH Arifin Ilham yang disampaikan langsung oleh Ketua Yayasan Az Zikra yakni Ustadz Khotib Kholil. Yayasan Az Zikra membatah kabar tersebut, dan menjelaskan bahwa saat ini KH Arifin Ilham masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dan kondisinya sudah membaik.

Selain tanggapan resmi berupa pesan singkat, juga dikirim video berdurasi satu menit yang menampilkan pernyataan rekan-rekan KH Arifin Ilham beserta pengurus Yayasan Az Zikra.

"Untuk mencegah berita hoax ini kami menyebarluaskan informasi resmi dari Yayasn Az Zikra ini," kata Ita. Ita berharap masyarakat tidak lagi menyebarkan berita-berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya. Dan dengan adanya pernyataan resmi dari Yayasan Az Zikra masyarakat bisa tercerahkan.

"Mari sama-sama kita mendoakan agar KH Arifin Ilham segera pulih dan bisa beraktivitas seperti sedia kala," kata Ita. Kabar KH Arifin Ilham meninggal dunia karena menderita kanker kelenjar getah bening menyebar luas di media sosial. Sementara itu, aktivitas di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor sejak kabar sakitnya KH Arifin Ilham berlangsung normal, jamaah beraktivitas seperti hari-hari biasa. (red)