Sekda Sebut Jambi Tuntas Expo Sarana Promosi UMKM

Sekda Sebut Jambi Tuntas Expo Sarana Promosi UMKM
Sekda Dianto dalam acara pembukaan. (istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sejumlah provinsi di Indonesia dipastikan akan mengikuti kegiatan pameran 'Jambi Tuntas Expo 2018' yang digelar di salah satu pusat perbelanjaan terkemuka yang ada di Kota Jambi pada 22-25 November 2018.

"Kegiatan pameran kerajinan dan makanan khas dari masing-masing provinsi tersebut mengangkat keunggulan daerah masing-masing dengan mengusung tema 'Jambi Tuntas Bekerja Untuk Indonesia," kata Sekda Provinsi Jambi M Dianto, di Jambi Jumat (23/11)

Kegiatan ini diikuti oleh 43 stand peserta yang terdiri 22 stand dari Provinsi Jambi dan 21 stand dari provinsi lain. Pameran itu sebagai sarana promosi potensi yang ada di Provinsi Jambi dari berbagai bidang seperti pariwisata, pertanian, perkebunan, investasi dan bidang yang lain.

"Hari ini kita awali kegiatan 'Jambi Tuntas Expo 2018' dan kegiatan yang digagas Dekranasda ini didukung oleh Dekranasda sebelas kabupaten/kota di Provinsi Jambi, yang ikut membawa produk-produk hasil UMKM," kata Dianto.

Dengan adanya kegiatan itu membawa dampak positif bagi UMKM yang ada di Provinsi Jambi agar produk-produk yang ada di daerah itu bisa semakin baik dan semakin berkualitas. Selain itu mendorong pelaku UMKM dari berbagai sektor dapat lebih baik dan bisa mengambil ilmu dalam kegiatan tersebut.

Adapun daerah di luar Provinsi Jambi yang mengikuti pameran tersebut antara lain datang dari Kabupaten Klaten Jawa Tengah, Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, Tapanuli Tengah Sumatera Utara, Martapura, Lombok dan Sulawesi Utara.

Para pelaku UMKM yang ikut pameran mengapresiasi dan terlihat antusias mengikuti ajang promosi� tersebut.

Selain itu pengunjung juga cukup antusias untuk melihat produk yang dipamerkan. Mereka mendapat penjelasan terkait produk itu dari perwakilan petugas di masing-masing stand.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah mengatakan 'Jambi Tuntas Expo 2018' adalah inisiasi dari Ketua Dekranasda Provinsi Jambi untuk dilaksanakan sebagai wujud memperkenalkan wisata, kuliner dan produk unggulan Jambi kepada daerah luar dan juga dilaksanakan 'Festival Kopi Nusantara'.

Ariansyah menjelaskan, tujuan kegiatan itu adalah sebagai sarana promosi di berbagai bidang, investasi, sumber daya alam, indusri, pariwisata, perikanan, pertanian dan perkebunan yang diselenggarakan selama empat hari itu.

"Melihat pameran ini, kita dapat katakan bahwa Provinsi Jambi telah memiliki perkembangan yang sangat baik dan berinovasi, baik dari produk UMKM hingga pertanian," kata Ariansyah. (red)