Selama Lebaran, Sampah Kota Jambi Naik Hingga 120 Ton Perhari

Selama Lebaran, Sampah Kota Jambi Naik Hingga 120 Ton Perhari
Sampah di Kota Jambi menumpuk dan menggunung. (Dewi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Selama hari raya Idul Fitri produksi sampah di Kota Jambi meningkat. Peningkatan bahkan hingga mencapai 30% per harinya.  Hal ini yang membuat sampah di beberapa titik tempat pembuangan sampah atau TPS banyak yang menumpuk dan tidak terangkat dengan maksimal terutama di beberapa lokasi Pasar.

 

Disampaikan Ardi Kepala Dinas Lingkungan Hidup DLH Kota Jambi bahwa ada kenaikan produksi sampah pada saat lebaran idulfitri terutama pada H-3 Idul Fitri hingga H+4 Idul Fitri.

 

“Volume sampah meningkat hingga 30% diperkirakan sampah meningkat hingga 120 ton,  Kalau hari biasa sampai 630 ton per harinya sekarang menjadi 750 ton mengalami peningkatan hingga 30%,” katanya.

 

Ini Tentunya karena memang kegiatan masyarakat yang cukup padat menjelang beberapa hari lebaran dan setelah lebaran.  Ibu-ibu  berbelanja memasak dan menyajikan berbagai makanan dan lainnya,  mayoritas banyak sampah rumah tangga.

 

Ardi menambahkan, saat Idul Fitri memang ada petugas khususnya yang dikerahkan untuk mengangkut sampah.  “Petugas ini merupakan petugas non muslim sehingga tidak merayakan Idul Fitri.  Saat lebaran ini pengangkut sampah dilakukan hingga mencapai 8 kali rotasi,” ungkapnya.  (red)

 

Reporter : Dewi Anita