Seratusan Polisi Jaga Perayaan Waisak di Candi Muarojambi

Seratusan Polisi Jaga Perayaan Waisak di Candi Muarojambi
Polisi menjaga perayaan Waisak di Candi Muarojambi. (Romi R/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Perayaan Peringatan Hari Waisak 2563 BE/ 2019 dilaksanakan di Kawasan Candi Muara Jambi, Minggu (19/5). Acara ini diikuti oleh puluhan umat Budha dan juga Biksu yang tergabung dalam Persatuan Umat Budha Indonesia Pengurus Daerah Provinsi Jambi (Permabudhi).

Acara keagamaan ini mendapat pengawalan cukup ketat dari aparat. Sebanyak 100 personil Polres Muaro Jambi diterjunkan untuk pengamanan perayaan waisak hari ini.

"Pengamanan perayaan waisak 2563 BE/2019 ini hanya melibatkan personil Polres Muaro Jambi. Kita terjunkan 100 personil," kata Kapolres Muarojambi AKBP Mardiono.

Kapolres bilang ada dua hal yang perlu diantisipasi yakni, gangguan Kamtibmas dan gangguan Kamseltibcar Lantas. Gangguan Kamtibmas yaitu aksi terorisme, premanisme dan kelompok radikal.

"Sedangkan untuk Kamseltibcar Lantas adalah potensi kemacetan lalu lintas," ujarnya.

Perwira melati dua ini juga menuturkan bahwa pihaknya banyak menerjunkan anggota pengamanan ini. Karena masyarakat Kabupaten Muarojambi dan di luar Provinsi Jambi banyak mengikuti perayaan hari raya waisak 2563/2019 di Candi Muaro Jambi.

"Perayaan waisak di Candi Muaro Jambi ini juga ada biksu-biksu yang datang dari luar negara Indonesia. Jadi, kita kepolisian resort Muarojambi harus bisa memastikan kalau saudara kita para penganut agama Budha, dapat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan perayaan hari raya waisak di kawasan Candi Muarojambi," tutupnya. (red)

Kontributor: Romi R