Teknik Menulis Berita di Media Online



Teknik Menulis Berita di Media Online
Ilustrasi

BRITO.ID, JAMBI - Jika ditanyakan, apakah ada perbedaan teknik menulis berita di media online dan di media cetak ? jawabannya tentu ada. Meski keduanya masih biasa dan harus menggunakan unsur 5W1H dilengkapi dengan pola piramida terbalik, jika ditelisik ada beberapa hal yang membedakan teknik menulis berita di media online dan media cetak, diantaranya:

1.    Judul berita
Dalam berita online, diusahakan judul itu bersifat ringkas dan jelas (to the point). Dalam judul minimal mengandung unsur S-P-O-K. Diusahakan lewat judul yang ringkas dan jelas itu, dapat menarik perhatian pembaca sekaligus bisa menggambarkan isi beritanya. Karena kebanyakan dalam media online itu yang dipajang adalah deretan judul berita tanpa lead. Jadi fungsi lead itu sangat besar sebagai daya tarik dalam berita online.  

2.    Alinea yang Pendek-Pendek
Kebanyakan dalam berita online, wartawan hanya menulis sekitar 2-4 baris di setiap paragrafnya. Hal itu digunakan agar pembaca tidak jenuh pada saat membaca. 

Tapi sebenarnya, 2-4 baris dalam berita online itu sama dengan 4-10 baris di media cetak. Yang membedakannya adalah lebar kolomnya. Di media online, kolom itu terlihat lebih lebar ketimbang kolom di media cetak. Jadi tak heran jika di media cetak dalam satu paragraf itu bisa terdiri dari berbaris-baris tidak seperti di media online.   

3.    Memiliki Link Terikat
Jika diperhatikan, berita yang ada di online itu lebih singkat dan tidak semendalam berita yang ada dimedia cetak. Dan untuk mensiasati ketidak-dalamannya berita itu, maka dibentuklah link yang mengikat antara satu berita dengan berita lainnya. Dengan adanya link itu pembaca bisa mengikuti dan membaca berita sebelumnya yang terkait dengan berita yang ada. Dan hal itu sudah cukup melengkapi pemberitaan yang singkat-singkat itu. 

Oleh karena itu, dalam penulisan berita online kita juga harus bisa memilah dan menempatkan link berita pada kata tertentu, agar terjadi satu keterkaitan antara satu berita yang serupa. 

Selain mengaitkan antar berita, link juga bisa mengikatkan antara satu berita dengan gambar atau video yang berhubungan dengan berita tersebut. 

4.    Dilarang Copy Paste
Yang jelas diharamkan dalam penulisan berita di online adalah melakukan copy-paste berita online orang lain secara keseluran tanpa mencantumkan sumber link dan mengaku-ngaku berita itu milik kita. (*)