Viral Kabar Erupsi Gunung Kerinci, Fikar Azami Ungkap Hal Ini

Viral Kabar Erupsi Gunung Kerinci, Fikar Azami Ungkap Hal Ini
Fikar Azami menghadiri undangan pesta pernikahan. (dok istimewa)

BRITO.ID, BERITA SUNGAI PENUH - Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi kembali menyemburkan abu vulkanik. Semburan abu vulkani terjadi sejak Sabtu (29/09/18) dini hari.

Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha BMKG Jambi melansir, abu vulkanik terlihat sejak Sabtu pukul 01.30 WIB dini hari. Abu vulkanik itu menyembur mengarah ke barat terlihat hingga pukul 08.30 WIB. Namun sekitar pukul 10.30 WIB semburan tidak terlihat lagi karena tertutup awan.

"Berdasarkan Sigmet dan VAAC, teramati erupsi abu vulkanik Gunung Kerinci pada lapisan permukaan dengan ketinggian mencapai 1.400 m disertai kecepatan 5 knot. RGB Citra Satelit cuaca Himawari diperbarui sekitar pukul 10.30 WIB hingga siang ini abu vulkanik tidak terdeteksi karena wilayah gunung Kerinci tertutup awan," tulis BMKG.

Tak hanya warga Kerinci, Kota Sungai Penuh pun berada di dekat Gunung Kerinci. Meski ada peningkatan aktivitas Gunung Kerinci, Ketua KNPI Kota Sungai Penuh Fikar Azami meminta warga setempat tetap tenang.  

"Insha Allah tidak ada apa-apa. Kita harus saling menenangkan dan tidak perlu panik," kata Fikar, yang juga Ketua DPRD Kota Sungai Penuh ini. Menurut dia, tingkat aktivitas Gunung Kerinci memang saat ini pada tahap waspada level II.

Meski statusnya waspada level II, menurut Fikar masyarakat tetaplah melakukan aktivitas seperti biasa. Sebab munculnya abu vulkanik itu adalah hal biasa. "Kita yakin tidak apa-apa. Sama-sama kita berdoa agar Kota Sungai Penuh tetap dilindungi Allah SWT," tambahnya. (red)