Walikota Fasha Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung

Walikota Fasha Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung
Walikota Fasha serahkan bantuan ke korban puting beliung. (Dewi Anita/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Warga di Kelurahan Kenali Asam Bawah yang terkena puting beliung Minggu sore mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi. Bantuan diserahkan langsung Wali Kota Jambi, Sy Fasha, Senin (15/4/2019) pagi.

Kepada penerima bantuan, Fasha berharap tabah akan musibah bencana alam ini. Menurut Fasha, bantuan ini sebagai bentuk perhatian Pemkot meringankan beban warga.

"Kita berharap bahwa musibah ini tidak terjadi lagi pada diri kita. Pemkot Jambi sangat perhatian terhadap warga kami yang terkena musibah. Bagi yang terkena musibah kiranya sabar dan tabah menghadapi cobaan ini," ujar Fasha di hadapan warga.

Terkait bantuan, Fasha meminta warga mengerti akan prosedur. Bantuan ini sesuai dengan prosedur tetap, yakni memprioritaskan sembako.

"Namun bantuan ini ada batasan tertentu. Sebelum puasa ini bantuan keuangan disalurkan kepada keluarga yang terkena bencana. Jangan lihat nilainya, tetapi paling tidak itulah bentuk perhatian Pemerintah Kota Jambi," tegasnya.

Fasha yang didampingi Kadis Damkar, Kadinsos dan Camat Kotabaru selanjutnya menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 10 warga. 

Berdasarkan laporan yang diterima Fasha, ada 20 rumah rusak berat dan sekitar 50 rumah rusak ringan.

Bantuan yang diserahkan, tambah Fasha, berasal dari dinsos kota Jambi, yaitu berbentuk sembako, terpal dan keperluan-keperluan dapur lainnya.

Fasha juga meminta warga memperhatikan konstruksi bangunam rumah. Berdasarkan pantuannya, ada sedikit kesalahan konstruksi dalam membangun rumah.

"Saya melihat kenapa atap rumah ini bisa melayang tertiup angin, ternyata memang ada kesalahan konstruksi. Kesalahan konstruksi yaitu tempat pondasi melekatnya rangka atap tersebut itu tidak dikunci, tidak dipasang angker," sebutnya.

"Biasanya ada pengait seperti ini, juga saya tidak terlihat adanya kolom praktis untuk untuk menopangnya angker ini, sehingga bangunan itu hanya duduk saja, tidak ada penahamnya. Inilah akibatnya angin puting beliung mengangkat semua, karena tidak ada tidak ada penguatnya yang bersatu dengan dinding ataupun bagian rumah bagian bawahnya," jelas Fasha.

Fasha juga menegaskan, sepanjang yang dibutuhkan tenda darurat dibutuhkan, pemkot akan siapkan tenda.

"Tapi kita imbau kalau ada keluarga, supaya bisa ke keluarganya dulu, atau kita akan memberikan bantuan terpalnya juga. Misalnya menutup dengan terpal dahulu," tutup Fasha. (red)

Reporter: Dewi Anita