Whitehat Hacker & Blackhat Hacker, Apa Sih Perbedaannya?

Whitehat Hacker & Blackhat Hacker, Apa Sih Perbedaannya?
Ilustrasi. (istimewa)

BRITO.ID, TEKNOLOGI WEB - Tidak semua hacker itu buruk. Begitupun sebaliknya. Sebab ada dua perbedaan di dalamnya. Jadi, ketika anda melihat sesuatu yang buruk, selalu ada hal baik di dalamnya. Begitu juga dengan istilah hacker dalam kenyataannya. Mari kita lihat lebih jauh mengenai hal tersebut.

Istilah “hacker” bisa berarti ada dua hal yang berbeda, yakni:

  • Seseorang yang sangat piawai dalam pemrograman komputer, jaringan, atau fungsi komputer terkait lainnya dan suka berbagi pengetahuan dengan orang lain
  • Seseorang yang menggunakan keahlian dan pengetahuan komputer ahli mereka untuk mendapatkan akses yang tidak sah ke sistem, perusahaan, pemerintah, atau jaringan, untuk menimbulkan masalah, penundaan, atau kurangnya akses.

Hanya saja, hari ini kata “hacker” tidak membawa pemikiran terbaik bagi kebanyakan orang. Definisi populer dari seorang hacker adalah seseorang yang secara sengaja menerobos masuk ke sistem atau jaringan untuk mendapatkan informasi secara ilegal atau menyebarkan kekacauan dalam sebuah atau beberapa jaringan untuk tujuan pengendalian.

Hacker biasanya tidak berhubungan dengan perbuatan baik; dimana kadangkala orang melihat istilah “hacker” sering identik dengan “kriminal” pada umumnya. Ini justru merupakan istilah dari black-hat hacker atau “cracker”. Hal tersebut merupakan sekumpulan orang-orang yang kita dengar dari berita yang menciptakan kekacauan.

Mereka biasanya memasuki jaringan yang aman dan memanfaatkan kekurangan untuk kepuasan pribadi (dan biasanya berbahaya) atau kepentingan tertentu.

Namun, ternyata ada berbagai jenis hacker di dunia ini.

Dalam komunitas hacker, ada perbedaan kelas halus yang tidak diketahui masyarakat umum. Ada hacker yang masuk ke sistem yang tidak selalu harus menghancurkan. Bahkan mereka memiliki kepentingan yang sangat baik untuk kita semua.

Whitehat Hacker

Orang-orang ini biasanya disebut sebagai whitehat hacker, atau “hacker yang baik.” Hacker whitehat adalah orang-orang yang masuk ke sistem untuk menunjukkan letak sistem yang rentan dalam hal keamanan atau memberi perhatian pada suatu sebab. Niat mereka tidak selalu harus menimbulkan malapetaka tapi lebih ke hal dalam pelayanan publik.

Whitehat Hacker juga dikenal sebagai hacker etis; Mereka adalah hacker yang bekerja dari dalam perusahaan, dengan pengetahuan dan bahkan memiliki izin penuh perusahaan, yang masuk ke jaringan perusahaan untuk menemukan kekurangan dan menyampaikan laporan mereka ke perusahaan.

Sebagian besar hacker whitehat dipekerjakan oleh agen keamanan komputer yang sebenarnya. Contohnya Computer Sciences Corporation (CSC). Ada lebih dari  40″ hacker etis “yang bekerja penuh, mendukung klien di Eropa, Amerika Utara, Australia, Afrika dan Asia.

Layanan mereka mencakup konsultasi, arsitektur dan integrasi, evaluasi dan penilaian. Penyebaran dan operasi, dan pelatihan. Penyebaran hacker etis ini dalam rangka untuk menguji kerentanan jaringan komputer. Merupakan salah satu dari banyak cara CSC agar bisa membantu klien menghadapi ancaman keamanan yang sedang berlangsung.

Meskipun white-hat hacker tidak harus diakui sebanyak yang seharusnya, namun sebenarnya banyak perusahaan mencari orang-orang yang bisa bertahan di depan individu yang bertekad untuk menurunkan sistem mereka. Banyak hacker sekarang memegang pekerjaan yang sangat kritis dan memiliki gaji tinggi saat mereka bekerja untuk perusahaan, pemerintah, dan organisasi lainnya.

Blackhat Hacker

Berbeda halnya dengan Blackhat Hackerdimana mereka adalah individu dengan pengetahuan komputer yang luas yang tujuannya adalah untuk melanggar atau memotong keamanan internet. Blackhat Hacker juga dikenal sebagai cracker atau dark-side hacker.

Pandangan umum mereka biasanya adalah sementara. Hacker membangun sesuatu, cracker memecahkan banyak hal. Mereka adalah hacker keamanan komputer yang masuk ke komputer dan jaringan atau juga membuat virus komputer.

Istilah “blackhat” berasal dari bahasa barat kuno dimana tempat orang-orang jahat biasanya mengenakan topi hitam dan orang-orang baik mengenakan pakaian putih. Hampir sama dengan Hacker topi putih atau white hat dalam hal mengidentifikasi kelemahan keamanan; Tapi, mereka melakukan serangan dan pencurian berbahaya.

Jenis hacker lainnya sebenarnya ada termasuk: Bluehat hacker & Greyhat hacker. Bluehat hacker adalah profesional keamanan yang diundang oleh Microsoft untuk mengekspos kerentanan pada produk Windows. Sedangkan Hackerhat hacker adalah hacker yang melakukan aktivitas jahat maupun yang berbahaya.

Sementara sebagian besar eksploitasi yang akan kita dengar dalam berita berasal dari orang-orang yang memiliki niat jahat, namun ada banyak orang yang sangat berbakat dan berdedikasi tinggi untuk hal-hal yang positif dengan menggunakan keterampilan hacking mereka untuk kebaikan yang lebih besar. Sehingga sangat penting bagi kita untuk memahami perbedaannya. (red)