Sayangkan Pencabutan Subsidi Pupuk, SBY: Tanpa Dicabut Infrastruktur Bisa Dibangun

Sayangkan Pencabutan Subsidi Pupuk, SBY: Tanpa Dicabut Infrastruktur Bisa Dibangun

BRITO.ID, BERITA CIREBON - Presiden keenam RI yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta kepada Pemerintah Pusat untuk tidak mencabut subsidi pupuk.

"Sebaiknya subsidi pupuk jangan dicabut, kalau APBN itu semua diarahkan untuk membangun infrastruktur dan kemudian yang lain dicabuti subsidi untuk membantu rakyat, tentu yang menderita rakyat," kata SBY, di Cirebon, Kamis.

Menurut SBY, adanya rencana pemerintah untuk mencabut subsidi pupuk, tentu akan membuat para petani semakin menderita, mengingat saat ini harganya tidak stabil.

SBY mengatakan tanpa melakukan pencabutan subsidi, pemerintah bisa membangun infrastruktur, karena memang itu sangat diperlukan.

"Sebenarnya bisa kok membangun infrastruktur. Membangun infrastruktur tidak salah karena itu juga dibutuhkan," ujarnya seperti dilansir Antara.

"Tetapi jangan sampai anggarannya terlalu besar, sehingga mengurangi untuk membantu rakyat, contohnya subsidi pupuk," ujar SBY pula.

Dengan adanya rencana pencabutan subsidi pupuk yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, maka Partai Demokrat akan menyerukan agar pemerintah bisa adil.

"Ini kebijakan Pemerintah Pusat dan saya (Demokrat, Red) akan menyeru kepada pemerintah untuk APBN itu lebih adil tetap memperhatikan kesulitan rakyat," katanya pula.

SBY menambahkan dengan terus berjalan pembangunan infrastruktur tentu itu lebih baik, namun jangan sampai subsidi yang sangat dibutuhkan masyarakat malah ditiadakan. Tentunya itu akan memberatkan masyarakat.

"Infrastruktur jalan terus itu bagus, tetapi membantu rakyat termasuk subsidi yang masih diperlukan itu harus tidak dicabut, termasuk subsidi pupuk," kata SBY menegaskan. (red)