Terkait 7 Gugatan PHPU, KPU Jambi Tunggu Perbaikan Berkas

Terkait 7 Gugatan PHPU, KPU Jambi Tunggu Perbaikan Berkas

BRITO. ID, BERITA JAMBI – Permohonan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dimasukkan oleh 6 partai di Provinsi Jambi ini masih dalam tahapan perbaikan berkas.

 

KPU menyebut, saat ini pihaknya masih belum mengetahui dengan jelas di mana locus gugatan yang dimasukkan oleh partai tersebut. “Belum jelas di mana saja locus 6 partai ini masukkan gugatan,” kata Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sanusi, Rabu (29/5/2019).

 

Sanusi melanjutkan, saat ini pihaknya masih menunggu proses perbaikan berkas permohonan gugatan. Perbaikan ini akan berakhir pada 31 Mei. Karena setelah itu baru bisa dipastikan locus gugatan yang dimasukkan oleh partai.

 

“Untuk saat ini yang baru kami ketahui adalah ada Kota Jambi, Tanjung Jabung Timur, juga Tanjung Jabung Barat,” katanya lagi.

“Kami juga akan cek kembali di mana saja locus gugatan tersebut,” ujarnya.

 

Lalu apakah selain partai, ada dari peserta pemilu lain yang memasukkan gugatan? Sanusi menyebutkan bahwa sebelumnya ada mendengar kabar bahwa calon DPD RI Jambi juga akan masukkan gugatan. Namun setelah pihaknya cek, tidak ditemukan bentuk laporan yang masuk dari calon DPD RI untuk Jambi.“Tentu akan kita perjelas lagi nanti,” tandasnya.

 

Untuk diketahui, gugatan perselisihan hasil yang masuk di MK untuk Jambi sendiri ada 7 gugatan. Partai yang menggugat yaitu PKB, PDIP, Berkarya, Demokrat, Hanura, dan PBB. Khusus untuk PBB memasukkan 2 gugatan sekaligus. (red)

 

Reporter : Dewi Anita