Yuk Ikuti Perjalanan Wahyu Zamzami Duta Maritim Indonesia asal Jambi

Yuk Ikuti Perjalanan Wahyu Zamzami Duta Maritim Indonesia asal Jambi
Wayhu Zamzami bersama Duta Maritim Indonesia. (BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Wahyu Zamzami pemuda asal Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi menjadi Duta Maritim Indonesia asal Provinsi Jambi. Dia berkesempatan ikut berlayar bersama 10 duta maritim indonesia dari 9 provinsi yang berbeda dalam kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (PELANTARA) IX 2019 dalam rangka Sail Nias 2019 utusan Kementerian Pertahanan RI.

 

Pria kerap disapa "Jamik" ini berlayar bersama pemuda pemudi terbaik Indonesia dari Gerakan Pramuka Saka Bahari, Kapal Pemuda Nusantara, dan Bela Negara, mulai 1-21 September dengan rute pelayaran Tanjung Priok- Sibolga-Nias-Lampung dan Tanjung Priok. Mereka menggunakan KRI Tanjung Kambani 971 TNI AL.

Selama pelayaran ada banyak program yang dilakukan baik di dalam maupun diluar kapal, para peserta Pelantara mendapatkan pembekalan dari beberapa petinggi negara seperti Kemenpora, Kemenhan, KASAL, dan Kwarnas. Kegiatan di luar kapal meliputi aksi bersih pantai, bakti sosial, pembuatan eco brick, wisata bahari, jumpa tokoh, belajar pengolahan hasil laut, ikut latihan militer di Brigif 4/Lampung, dan puncaknya mengikuti kegiatan Sail Nias 2019.

 

Sebelum bertolak dari dermaga JITC tanjung Priok, 10 duta maritim di beri pembekalan oleh Kolonel Laut (P) Dian Purnomo Sidhi, M.Tr (Han) selaku komandan Denma Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dan salah satu Pembina Duta maritim Indonesia Laksda (Purn) Dr Surya Wiranto terkait misi Duta Maritim pada Sail Nias ini dan pengetahuan alutsista dan kemaritiman di Makolinlamil.

 

Jamik mengatakan tujuan ditugaskannya Duta Maritim dalam kegiatan Pelantara Sail Nias ini adalah untuk membantu pemerintah mempromosikan segala potensi maritim yang belum dikenal banyak orang. Serta memberikan pemahaman betapa pentingnya laut untuk kelangsungan hidup umat manusia kepada masyarakat sekitar pantai.

 

“Bagaimana sulitnya peluang untuk bisa ikut berlayar dalam kegiatan Pelantara ini, namun ini merupakan salah satu pembuktian bahwa pemuda Jambi juga tidak kalah dengan pemuda lainnya dalam kegiatan skala nasional. Semoga dengan kembalinya dari berlayar, pemerintah menyambut baik langkah jamik dan dua temanya duta maritim indonesia asal Provinsi Jambi untuk membuat paguyuban Putera Puteri Maritim Provinsi Jambi, yang nantinya akan melahirkan duta-duta yang semangat dan peduli terhadap potensi maritim yang ada,” ungkapnya. (RED)