Darurat Asap, Elviana Anggota DPR RI Berikan Solusi Karhutla

Darurat Asap, Elviana Anggota DPR RI Berikan Solusi Karhutla
Elviana Anggota DPR RI. (Istimewa)

BRITO. ID, BERITA JAMBI - Darurat kabut asap inilah yang terjadi diwilayah Provinsi Jambi. Kondisi semakin memprihatinkan ini, mengundang banyak pendapat dan sikap masing-masing pihak. 

Salah satunya Elviana, Anggota DPR RI dapil Jambi dari partai PPP ini, mengupdate diakun facebook pribadinya. Dia menyatakan solusi untuk mengatasi kebakaran hutan dan kabut asap diwilayah Provinsi Jambi. 

Berikut kutipan tulisan dari akun pribadi Elviana:
 
"Alhamdulillah sudah dapat respon dari pusat. Asap di Jambi akan dicoba dihentikan dengan sistem hujan buatan. Di Jambi siap 4 unit Heli Water Bombing. Termasuk Hercules yang standby untuk hujan buatan. Heli tidak bisa operasional beberapa hari ini karena jarak pandang di bawah 100 meter. Hujan buatan belum bisa di laksanakan karena intensitas awan selalu kurang dari 70%. Kalau di paksakan buat hujan buatan dengan kadar kelembaban kurang dari 70% pasti gagal, sehingga mubazir. Peluang awan diatas 70% akan terjadi pada Senin dan Selasa. Pesawat sudah di siapkan, BPPT sudah siapkan  garam NaCl. Direncanakan BPPT selasa ke Jambi dengan Heli  bila jarak pandang sudah memungkinkan. 
4 provinsi  sudah  berhasil dengan hujan buatan. Kalbar, Kalteng, Kalsel & Riau".

Semoga bencana asap di Jambi segra berlalu. Aamiin ya Rabb.

Menurut kutipan pesan yang disampaikan oleh Elviana, tindakan yang akan dilakukan dalam penanganan kabut asap dan kebakaran lahan saat ini yaitu hujan buatan. 

Namun sayangnya hujan buatan dalam beberapa hari ini tidak bisa dilakukan karena jarak pandang yang hanya 70%. 

Jika memungkinkan, pihak BPPT akan turun pada hari selasa nanti untuk melakukan hujan buatan. (RED)

Reporter : Dewi Anita