Dinilai Bikin Rusuh, Debat Capres III Tim Sukses Dibatasi Hanya 50 Orang

Dinilai Bikin Rusuh, Debat Capres III Tim Sukses Dibatasi Hanya 50 Orang

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum RI memastikan akan mengurangi undangan penonton debat capres putaran ketiga, untuk mewujudkan perhelatan debat yang lebih baik.

"Kami akan kurangi supaya masyarakat yang menonton itu bisa lebih baik dalam menerima informasi dari peserta debat," kata Komisioner KPU RI Viryan Azis, di sela rapat pleno persiapan debat capres ketiga, di Jakarta, Selasa.

Dilansir Antara, dia mengatakan keputusan mengurangi jumlah undangan lantaran keriuhan penonton yang terjadi dalam debat capres kedua, dinilai mengganggu konsentrasi peserta debat. Jika sebelumnya KPU mempersilakan masing-masing pasangan kandidat membawa 100 tim sukses ke dalam ruang debat, kini akan dibatasi maksimum 50 orang per masing-masing kandidat.

Sementara KPU sendiri tetap akan mengundang perwakilan masyarakat sipil, serta kementerian dan lembaga yang terkait pada tema debat ketiga nanti. Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon, nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Debat capres ketiga dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan, berlangsung 17 Maret 2019 di Jakarta dan akan diikuti para cawapres yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. (red)