Ini Pemenang Penyelenggara Siaran TV Debat Capres dan Cawapres

Ini Pemenang Penyelenggara Siaran TV Debat Capres dan Cawapres

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum RI melakukan pengundian penyelenggaraan siaran debat calon presiden dan calon wakil presiden di Jakarta, Rabu (26/12). Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan bahwa acara debat sebanyak lima kali dan pelaksanaannnya di Jakarta mulai 17 Januari 2019.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan, debat pertama 17 Januari 2019 dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta.

Peserta debat pertama adalah antara pasangan calon presiden/wakil presiden. Debat ini akan disiarkan TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV. Debat kedua dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2019 dengan tema energi, pangan, SDA, lingkungan hidup, dan infrastruktur di Hotel Sultan, Jakarta.

Peserta debat kedua, yaitu antarcalon presiden serta akan disiarkan RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews TV. Debat ketiga diselenggarakan 17 Maret 2019 dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan di Hotel Sultan, Jakarta.

Peserta debat ketiga adalah antarcalon wakil presiden serta disiarkan Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV.

Debat keempat pada tanggal30 Maret 2019 dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, dan hubungan internasional. Namun, belum ditentukan tempatnya.

Peserta debat keempat adalah antarcalon presiden dan akan disiarkan Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Debat kelima dengan tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi perdagangan, dan industri. KPU juga belum menentukan waktu serta tempat penyelenggaraan.

Peserta debat kelima adalah antarpasangan calon presiden/wakil presiden, dan akan disiarkan TVOne, ANTV, Berita Satu, dan Net TV.

Arief mengatakan bahwa acara debat akan berlangsung selama 120 menit dengan perincian waktu efektif pelaksanaan debat selama 90 menit dan sisanya 30 menit adalah jeda iklan. "Masing-masing debat akan dilakukan dalam waktu 90 menit. Akan ada pemaparan visi dan misi pasangan calon, pertanyaan dari moderator untuk mendalami visi dan misi serta tanya jawab antarkandidat," katanya. (red)