Kapolda Kerahkan Alat Berat Dukung Operasi Lilin di Jambi

Kapolda Kerahkan Alat Berat Dukung Operasi Lilin di Jambi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS mengatakan, selain mengerahkan personel gabungan, Operasi Lilin 2018 juga didukung alat berat untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor.

"Selain melakukan kegiatan utama operasi pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, tim gabungan juga menyiagakan alat berat untuk mengantisipasi bila terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir. Semua dilakukan untuk menyukseskan seluruh kegiatan pada Operasi Lilin tahun ini," kata Muchlis AS di Jambi, Jumat (21/12).

Pada musim penghujan seperti sekarang ini, kerap terjadi bencana antara lain banjir dan tanah longsor, sehingga perlu kesiapan dan koordinasi dengan pemerintah daerah guna mengantisipasi terjadinya bencana tersebut terutama pada jalur lintas yang digunakan masyarakat untuk berliburan merayakan Natal dan Tahun Baru.

"Polda Jambi dan pihak pemerintah daerah sudah berkoordinasi untuk menyiagakan alat berat di beberapa lokasi yang dianggap rawan terjadi bencana alam tersebut," kata Kapolda.

Dalam apel itu, Kapolda Jambi juga membacakan amanat Kapolri yang menyebutkan apel gelar pasukan ini sebagai momentum penting meninjau kesiapsiagaan personel, pengecekan sarana dan prasarana untuk memperkuat soliditas para stakeholder terkait Operasi Lilin 2018.

Perlu juga dilakukan antisipasi dan inventarisasi potensi kerawanan di daerah masing-masing, seperti kejahatan konvensional, aksi terorisme, sweeping ormas, kecelakaan moda transportasi dan stabilitas harga pangan.

Selain itu, juga selalu menjaga sinergitas dan soliditas dengan TNI, Polri dan instansi terkait demi menciptakan pengamanan dan stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Untuk pengamanan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Polda Jambi menggelar Operasi Lilin 2018 selama 10 hari, mulai 23 Desember 2018 hingga Januari 2019.

Apel Operasi Lilin di Jambi dihadiri Staf Ahli Gubernur Jambi bidang Kemasyarakatan dan SDM, Forkopimda Provinsi Jambi, Pejabat Utama Polda Jambi, Wakil Wali Kota Jambi, Danrem diwakilkan Dandim Batanghari, Dandempom dan Kepala OPD instansi terkait.

Peserta apel gelar pasukan Operasi Lilin 2018 di Jambi diikuti oleh satu SST Pamen Polda, satu SST Polisi Militer, tiga SST anggota TNI, dua SST Brimob, dua SST anggota Sabhara, satu SST Polantas, dua SST Polair dan satu gabungan POL PP, Damkar, Dishub, Senkom dan petugas kesehatan.(red)