Masih Ada Sejumlah Desa di Sarolangun Ingin Lakukan Perekaman KTP Elektronik

Masih Ada Sejumlah Desa di Sarolangun Ingin Lakukan Perekaman KTP Elektronik

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun, Helmi mengatakan saat ini masih ada permintaan dari pemerintah desa untuk melakukan perekaman KTP elektronik.

"Kita melihat masih ada beberapa desa mengajukan untuk mohon dilakukan perekaman. Sebab masyarakatnya belum ada yang melakukan perekaman. Dan kita juga merespon permintaan kepala desa dan masyarakat," kata Helmi, ketika dikonfirmasi oleh Brito.id Sabt (23/03).

Helmi mengatakan untuk turun ke lapangan pihaknya akan melalukan pendataan terlebih dahulu, desa-desa mana yang mau dilakukan perekaman.

"Jika memang desanya berdekatan, maka pihaknya melakukan perekaman hanya di satu titik saja. Kalau alat perekaman dipindahkan tidak bisa, karena alat itu sensitif," ungkap Helmi.

Disdukcapil melakukan penggabungan supaya alat perekaman juga bisa aman. "Jika alat itu dipindah-pindahkan beresiko. Makanya kita buat tempat yang dekat bisa masyarakat terjangkau," tambahnya. 

Seperti di Kecamatan Batangasai, belum lama ini pihaknya melakukan satu titik perekaman KTP elektronik bagi masyarakat di Desa Muara Air Dua. Sementara desa lainnya seperti Desa Sungai Keradak, Desa Bathin Pengambang, Desa Simpang Narso, Desa Tambak Ratu, dan Desa Batu Empang juga ikut dalam perekaman itu. Alhasil sebanyak 150 lebih masyarakat melakukan perekaman. 

"Jadi kalau kita pindahkan alat akan bersiko fatal. Kalau yang kita serahkan kemarin khusus KTP Desa Tambak Ratu yang sudah kita lakukan perekaman satu bulan lalu, ada sekitar 43 keping. Dan untuk PRR di Batangasai itu yang kita kerjakan ada sekitar 500 KTP. Hasil perekaman juga dan siap dicetak. Mungkin dua hari ini selesai, baru kita serahkan ke camat lalu diteruskan oleh kepala desa," katanya. (red)

Reporter: Arfandi S