Novia Widyasari Pernah Laporkan Kasus Pelecehan Seksual di Kampus

Pihak kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang, membenarkan Novia Widyasari Rahayu (NWR), mahasiswi yang bunuh diri di makam ayahnya beberapa waktu lalu, ternyata sempat melaporkan diri sebagai korban kasus pelecehan seksual di kampus.

Novia Widyasari Pernah Laporkan Kasus Pelecehan Seksual di Kampus
Novia dan Randy (istimewa)

BRITO.ID, BERITA MALANG - Pihak kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang, membenarkan Novia Widyasari Rahayu (NWR), mahasiswi yang bunuh diri di makam ayahnya beberapa waktu lalu, ternyata sempat melaporkan diri sebagai korban kasus pelecehan seksual di kampus.

NWR adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB), angkatan tahun 2016. Pihak kampus pun menyampaikan duka cita mendalam atas kasus meninggalnya NWR.

Pihak kampus juga menyampaikan pada Januari 2020, NWR sempat melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya pada fungsionaris FIB UB.

Pelaku merupakan kakak tingkat NWR, laporan tersebut telah ditindaklanjuti. Pelaku disebut mendapat sanksi dan pembinaan dari kampus.

"NWR mengalami kekerasan seksual berupa pelecehan seksual secara fisik dan verbal," ujar Dekan FIB Universitas Brawijaya, Agus Suman, Minggu 5 Desember 2021.

Sementara itu perwakilan kantor layanan hukum Universitas Brawijaya Malang Lucky Endrawati menyebut, pada Agustus lalu, NWR sempat melaporkan dan berkonsultasi atas kasus yang dialaminya bersama anggota Polres Pasuruan, ke Woman Crisis Centre, lembaga perlindungan perempuan yang berada di Kota Malang.

NWR disebut tengah dilakukan pendampingan dan belum sampai di proses mitigasi, hingga kemudian meninggal dunia pada 2 Desember 2021.

Sebelumnya, NWR ditemukan meninggal dunia di samping makam ayahnya. Korban diduga bunuh diri dengan cara meminum racun, sebab di dekat jenazah korban ditemukan botol berisi cairan yang diduga mengandung racun.

Korban bunuh diri diduga karena pernah dua kali hamil dan digugurkan.

Sumber: Okezone

Editor: Ari