PT BEP Diduga Penyumbang Kabut Asap di Provinsi Jambi

PT BEP Diduga Penyumbang Kabut Asap di Provinsi Jambi
Lahan yang disegel polri karena diduga lakukan pembakaran. (Deni/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - PT Bara Eka Prima (BEP) merupakan salah satu yang areanya merupakan penyumbang asap di Provinsi Jambi. Pasalnya ada sekitar 1.000 hektar lahannya yang diduga sengaja dibakar untuk membuka lahan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Wilayah Pemuda Pancasila, Taufan Junaidi Minggu (22/9/2019). Katanya, bahwasanya dalam hitungan jam lahan itu ludes terbakar. Setelah pihaknya meninjau secara langsung diduga lahan tersebut sengaja di bakar.

Lanjutnya, akibat kebakaran itu sehingga menyebabkan kabut asap di Provinsi Jambi yang berdampak gangguan kesehatan terhadap puluhan ribu masyarakat.

"Kita sangat menyayangkan, sebuah korporasi melaksanakan land clearing dengan cara membakar," ujarnya.

Dikatakannya saat ini di area perusahaan tersebut telah dipasang plang yang bertuliskan "Lahan Ini Dalam Proses Penyelidikan Subdit Tipidter Dit Reskrimsus Polda Jambi dan Satreskrim Polres Muarojambi".

"Kita minta aparat penegak hukum agar dapat transparan dalam proses penegakan hukum terhadap pihak korporasi yang terlibat karhutla," katanya.

Menurut dia, tidak hanya PT BEP saja yang lahan korporasinya terlibat karhutla tetapi ada beberapa perusahaan lain yang turut terlibat seperti PT Reki, PT Pesona, PT MAS, PT SMP dan PT ABT. (RED)

Reporter : Deni S