Quick Count Indo Barometer: Syarif Fasha Unggul di Pilkada Jambi

Pasangan yang unggul pada Pilkada Kota Jambi 2018 adalah Syarif Fasha–Maulana.

Quick Count Indo Barometer: Syarif Fasha Unggul di Pilkada Jambi

Brito.Id - Hasil penghitungan cepat (quick count) Indo Barometer pada pemilihan Walikota Jambi yang dilaksanakan secara serentak pada Rabu, 27 Juni 2018 menempatkan pasangan nomor urut dua Syarif Fasha-Maulana sebagai kandidat dengan perolehan suara terbanyak, yakni 55 persen. Sementara pasangan nomor urut satu Abdullah Sani-Kemas Alfarizi memperoleh suara sebanyak 44,46 persen. 

“Dapat disimpulkan bahwa pasangan Syarif Fasha–Maulana adalah pasangan yang unggul pada Pilkada Kota Jambi 2018,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari melalui keterangan tertulis yang diterima BritoId, Rabu (27/6). 

Kendati pasangan Syarif Fasha–Maulana menang melalui versi quick count, ungkap Qodari, masyarakat Jambi tetap diminta untuk menunggu hasil penghitungan resmi KPUD. Pasalnya, hasil penghitungan yang paling resmi adalah versi KPUD. 

Quick count yang dilakukan Indo Barometer dilaksanakan di 250 TPS sebagai sampel dari 2.520 TPS yang tersebar di 11 Kecamatan. Margin of error sebesar ± 1 persen pada tingkat kepercayaan (confidence level) sebesar 99 persen. Metode penarikan sampel TPS yaitu stratified and sistematic random sampling.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Jambi adalah 836.918. Di dalamnya termasuk pemilih difabel. Adapun pemilih yang datang (partisipasi pemilih) ke TPS sebesar 70,79 persen. Dan yang tidak datang (golput) sebesar 29,21 persen. Dari total suara yang datang, sebesar 97,25 persen adalah suara yang sah. Adapun suara yang tidak sah berjumlah 2,75 persen.
 

Baca juga artikel terkait PILWALKOT JAMBI 2018 atau tulisan menarik lainnya