Spektakuler, Pemkot Jambi Sembelih 163 Hewan Qurban

Spektakuler, Pemkot Jambi Sembelih 163 Hewan Qurban
Walikota Jambi Syarif Fasha saat meninjau kurban. (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI -  Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban kali ini betul-betul membawa keberkahan bagi Kota Jambi, khususnya di jajaran Pemerintah Kota Jambi, itu dibuktikan dengan semakin meningkatnya ASN Pemkot Jambi melaksanakan ibadah Qurban. 

Hal itu adalah buah dari sy'iar yang dilakukan Wali Kota Jambi H Syarif Fasha sejak diawal kepemimpinannya dengan menggalakkan ASN untuk mengeluarkan zakat, infaq dan shadaqah, termasuk berqurban di hari raya Idul Adha. Demikian press release Humas Pemerintah Kota Jambi yang diterima, Sabtu (10/8).

Disebutkan dalam press release tersebut, tahun ini Pemkot Jambi akan melakukan penyembelihan sebanyak 163 hewan qurban, yang terdiri dari 150 sapi dan 13 kambing, termasuk sapi qurban dari Wali Kota Syarif Fasha dan keluarga. fantastis, bahkan ini satu-satunya institusi di Provinsi Jambi yang memfasilitasi penyembelihan hewan qurban ASN terbanyak. 

Dijelaskan pula dari 163 hewan qurban tersebut, sebanyak 23 sapi akan disembelih di kantor Wali Kota usai pelaksanaan sholat Idul Adha, sementara sisanya disalurkan ke masjid-masjid, langgar, pondok pesantren yang tersebar di 11 Kecamatan dalam Kota Jambi. Selain itu juga didistribusikan di instansi baik lingkup Pemkot Jambi maupun TNI / Polri. 

Panitia penyembelihan hewan qurban yang di koordinir Asisten bidang Perekonomian HR Erwansyah dan Bagian Kesra juga telah menyerbarkan ribuan kupon yang akan dibagikan kepada penerima yang layak. 

Diantaranya para kaum dhu'afa yang berdomisili di lingkungan perkantoran Wali Kota, pegawai honorer di lingkup Pemkot Jambi, termasuk para penyapu jalan atau PHL kebersihan.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha, menyampaikan apresiasi atas tingginya tingkat kesadaran ASN dilingkup Pemkot Jambi menunaikan ibadah Qurban.

"Alhamdulillah tingkat kesadaran ASN melaksanakan ibadah qurban pada tahun ini semakin meningkat. Ini menunjukkan Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Jambi semakin taat menjalankan ibadah qurbannya, dengan harapan tahun depan insyaAllah bisa lebih banyak lagi," kata Fasha, seperti dikutip Humas Pemkot Jambi.

Fasha juga mengungkapkan syukurnya karena ibadah qurban dilingkup ASN Pemerintah Kota Jambi yang telah dicanangkannya sejak 4 tahun lalu antusias diikuti oleh para pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Jambi. Hal itu ditunjukkan dari semakin meningkatnya jumlah hewan qurban yang disembelih dari tahun ke tahun. 

Sebelumnya, pada Idul Adha tahun lalu (2018-red), Pemkot Jambi menyembelih sebanyak 110 hewan qurban, yang terdiri dari 104 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Sebagaimana diketahui, sebagai kepala daerah, Wali Kota Jambi Syarif Fasha memang gencar mengingatkan jajarannya untuk menunaikan syariat sesuai dengan kewajibannya, seperti menunaikan ibadah qurban dan zakat, infaq dan shadaqah. 

Menurut Fasha, sebagai sesama muslim, saling mengingatkan untuk berbuat kebaikan adalah wajib.

Terlebih lagi ibadah qurban memiliki nilai sosial yang tinggi, dimana esensi ibadah qurban adalah perjuangan, kesabaran dan keikhlasan itu diharapkan dapat membentuk pribadi ASN Pemkot Jambi yang peduli dengan sesama, khususnya kepada kaum dhu'afa yang membutuhkan bantuan di Kota Jambi. (Dewi/adv)