TKW Hilang Kontak di Suriah 9 Tahun, Kini Selamat di Tanah Air

TKW Hilang Kontak di Suriah 9 Tahun, Kini Selamat di Tanah Air
TKW asal Sukabumi selamat. (Ist)

BRITO.ID, BERITA SUKABUMI - Tenaga kerja wanita (TKW) asal Kampung Cijambe, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang sempat hilang kontak selama sembilan tahun di Suriah yang belum lama ini ditemukan akhirnya bisa kembali ke kampung halamannya dalam keadaan selamat 

"Alhamdulillah Dewi Puspita tiba di rumahnya dalam keadaan selamat. Warga Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat ini pulang ke kampung halamannya setelah dijemput tim Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Sukabumi bersama keluarganya ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta," kata Tim Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) SBMI Riyadh Arab Saudi Agus Gia melalui sambungan telepon, Minggu (22/9).

Selama dalam perjalanan pulang mulai dari Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus, Suriah kemudian ke KBRI Libanon dan kemudian diterbangkan ke Indonesia melalui Abu Dhaby, Uni Emirat Arab hingga sampai ke Sukabumi Tim SBMI Abu Dhaby terus melakukan pemantauan.

Dalam kepulangannya Dewi juga didampingi oleh Tim SBMI Sukabumi dan informasinya tiba di Sukabumi sekitar pukul 01.00 WIB pada Minggu, (22/9). Pihaknya juga berterima kasih kepada anggota DPR RI daerah pemilih Sukabumi yakni Heri Gunawan yang telah memberikan bantuan operasional kepada SBMI dalam melakukan penjemputan tersebut.

Selain itu, Tim SBMI pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada KBRI Damaskus yang dengan cepat berhasil menemukan Dewi dalam hitungan hari setelah pihaknya melaporkan adanya TKW asal Sukabumi yang hilang kontak dan Kementerian Luar Negeri RI.

"Informasi dari Tim SBMI Sukabumi, Dewi dalam keadaan sehat dan saat ini sedang beristirahat setelah hampir satu hari melakukan perjalanan pulang ke Sukabumi," tambahnya.

Sementara, Ketua SBMI Jabar Jejen Nurjanah mengatakan saat tim SBMI Sukabumi menerima informasi bahwa Dewi akan dipulangkan ke tanah air, maka langsung menjemput keluarganya di Kampung Cijambe untuk menyambut kedatangan di Bandara Soeta Jakarta.

"Kondisi kesehatan Dewi cukup baik namun masih kelelahan sehingga butuh istirahat, kami pun bersama unsur Pemkab Sukabumi akan kembali ke rumah Dewi untuk melihat kondisinya," katanya. (RED)