Trik Instal dan Cara Menggunakan Composer

Composer adalah sebuah tools package manager untuk bahasa pemograman PHP. Tools ini membantu developer dalam mengelola package yang akan digunakan dalam proyeknya.

Trik Instal dan Cara Menggunakan Composer

BRITO.ID, TEKNOLOGI WEB - Composer adalah sebuah tools package manager untuk bahasa pemograman PHP. Tools ini membantu developer dalam mengelola package yang akan digunakan dalam proyeknya.

dengan menggunakan Composer, kita akan dengan mudah mengelola dependency (libraries) yang diperlukan aplikasi php mulai dari download, pengaturan, autoload hingga update dependency, semuanya dengan mudah dapat dilakukan dengan bantuan composer. Bagaimana cara mengaplikasikannya? Simak penjelasan berikut:

Untuk Pengguna Windows

Untuk melakukan instalasi composer sangat mudah. silahkan menuju langsung ke situs https://getcomposer.org/ dan pada halaman download anda bisa langsung mendownload installer composer untuk OS windows.

install composer windows

Setelah selesai mendowload silahkan double klik pada file Composer-Setup.exe dan nanti akan muncul jendela composer setup seperti di bawah ini. Silakan klik next untuk melakukan proses instalasi.

composer-1

Sebelum menginstall composer, pastikan anda sudah menginstall php pada komputer anda. Boleh melakukan instalasi satu persatu atau melakukan instalasi melalui software paket distribusi seperti xampp, wampp atau lainnya. Jika sudah, silakan pilih lokasi php.exe dan klik next untuk melakukan proses instalasi.

Setelah itu silakan tunggu sampai proses instalasi selesai. Kalau sudah selesai silakan klik finish. Untuk melakukan pengecekan apakah composer sudah terinstall atau belum, silakan buka command prompt anda dan ketikkan composer-v.

Perlu diingat, pada saat step Settings Check, destinasi folder harus berada dalam folder xampp apabila anda menggunakan xampp sebagaimana gambar diatas. Setelah anda menginstall dan menjalankan composer, secara otomatis anda baru bisa menggunakan Framework Laravel.

Framework Laravel hanya bisa digunakan apabila anda sudah menginstal dan menjalankan composer, tidak seperti framework lainnya.

Penulis: Setiawan