Waspadai Jalan Berlobang, Arus Mudik Diprediksi H-3 Naik 15 Persen

Waspadai Jalan Berlobang, Arus Mudik Diprediksi H-3 Naik 15 Persen

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Puncak arus mudik lebaran 1440 H/2019 M di Kabupaten Sarolangun diprediksi akan terjadi H-3 menjelang Idul Fitri.

 

Tak hanya itu, Dinas Perhubungan juga mengemukakan volume kendaraan saat arus mudik tahun ini akan mengalami kenaikan dibandingkan pada tahuh sebelumnya. Kenaikan tersebut diperkirakan sekitar 15 persen, yang rata-rata dari penggunaan kendaraan pribadi.

 

Kepala Dinas Perhubungan Sarolangun, Endang Abdul Naser, mengatakan saat ini arus mudik sudah mulai terlihat di jalan lintas sarolangun. Baik para pemudik yang hanya melewati Kota Sarolangun atau juga warga Sarolangun yang pulang menuju kampung halamannya.

 

“Puncaknya H-3 tapi dalam minggu ini sudah ada pergerakan, tapikan belum nampak nian, sebagian sudah mulai mudik, diprediksi lebih banyak angkutan pribadi. Tahun ini arus mudik agak naik 15 persen, karena tiket pesawat mahal,” katanya, Selasa (28/05/2019).

 

Ia juga menjelaskan meningkatnya volume kendaraan arus mudik dikarenakan masyarakat banyak memiliki kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Selain itu, ada sebagian masyarakat yang mudik lebaran ini memilih merental kendaraan dengan pihak ketiga.

 

"Bagi para pemudik, kita himbau agar selalu mengikuti aturan, lengkapi surat surat kendaraan, jika mengantuk lebih baik istirahat dulu dan jangan di paksakan, utamakan keselamatan di jalan raya," katanya.

 

Selain itu, katanya soal kondisi jalan yang rusak pihaknya sudah melaporkan ke pihak yang berwenang. Seperti jalan Provinsi di beberapa titik di sejumlah Kecamatan, yakni Jalan depan Polsek Pulau Pandan, Jembatan yang rusak di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam.

 

Jalan Nasional, ada beberapa jembatan yang rusak dan berlobang, seperti Jembatan Sikamis, Mandiangin. Jembatan Lubuk Sepuh, Jembatan Baja Sarolangun.

 

"Kalau jalan kabupaten relatif bagus kecuali spintun. Saat ini rambu-rambu lalu lintas sebagian sudah ditambah," katanya. (red)

 

Reporter : Arfandi S