30 Sumur Bor yang Diusulkan, Batanghari Cuma Dapat Bantuan Dua Sumur Bor

30 Sumur Bor yang Diusulkan, Batanghari Cuma Dapat Bantuan Dua Sumur Bor

BRITO.ID, BERITA BATANGHARI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari kembali mendapat tambahan bantuan pembangunan dua sumur bor di dua titik. Bantuan ini dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) pada 2019.

 

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Lingkungan Hidup Sumber Daya Alam (LH SDA) Batanghari, M Yunus, Rabu (27/2). Kata dia, pembangunan dua sumur bor ini merupakan dari 30 titik sumur yang diusulkan.

 

Diakuinya, meski mendapat tambahan pembangunan dua sumur bor di tahun ini. Namun dirasa bantuan tersebut masih sangat kekeurangan. Masalahnya, di Kabupaten Batanghari masih banyak desa yang terdapat kekurangan air bersih.

 

“Iya, masih sangat kurang kalau kita melihat desa-desa yang memelurkan air bersih di wilayah Kita, makanya yang Kita ajukan ada 30 titik sumur bor. Dan dari 30 itu, yang direaslisasikan cuma dua sumur bor tahun ini,” ujanya.

 

Dikatanya, untuk bantuan dua sumur sendiri akan diprioritas desa-desa yang rawan akan kekurangan air bersih. Tentunya, dengan ketentuan dan syarat yang terlebih dahulu harus dipenuhi oleh desa yang akan mendapat bantuan.

 

“Salah satu syaratnya yang harus dipenuhi, desa-desa penerima bantuan harus mendapatkan hibah tanah seluas 60 meter persegi untuk lokasi pembangunan sumur bor tersebut dan lokasi yang akan dibangun juga sangat jauh dari sungai batanghari,” terangnya.

 

Pada tahun sebelumnya, Pemkab Batanghari mendapatakan bantuan tiga titik sumur bor. Bantuan sumur bor tersebut telah dibangun di Desa Petajen, Ladang Peris, Kecamatan Bajubang dan Desa Kehidupan Baru, Kecamatan Mersam.

 

Bantuan sumur bor tersebut tidak hanya berupa bantuan pengeboran sumur dengan diameter enam inci, namun juga disertai dengan fasilitas lainnya. Fasilitas lainnya, yang turut dibangun diantaranya pompa selam beserta panelnya.

 

Kemudian ada juga bantuan genset berikut rumahnya dengan ukuran dua kali tiga meter. Serta bak penampungan air dengan ukuran lima meter persegi disertai dengan pipa penyaluran dilengkapi dengan kran air. (red)

Kontributor : Syahreddy