Begini Upacara Menjalang Penghulu Adat Negri di Bungo

Begini Upacara Menjalang Penghulu Adat Negri di Bungo
Upacara dan pesta adat Dusun Kuamang, Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo. (Brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Masyarakat Dusun Kuamang, Kecamatan Jujuhan Ilir, Kabupaten Bungo Jambi melaksanakan kegiatan menjalang penghulu adat negri.

Kegiatan ini dilakukan di kediaman Datuk Rio (Kades) Dusun Kuamang Herman. Acara yang unik ini dengan menghantar talam dari anak negri ke Datuk Penghulu. 

Tak hanya itu dilakukan juga penyerahan sirih senampan dari Penghulu ke Datuk Rio yang disaksikan oleh sidang adat dan undangan yang hadir.

"Acara menjalang penghulu kita lakukan setiap tahunnya. Ini dimaksudkan untuk melanjutkan tradisi nenek moyang menjalang panghulu juga dalam sidang adat ada semacam keputusan adat," kata Herman Datuk Rio Kuamang, Jujuhan Ilir, Senin (22/7).

Seperti adat nikah kawin, sanksi adat tindak pencurian dan juga kenakalan remaja. Serta tata cara nikah kawin dan keputusan lainnya.

"Setelah ada hasil keputusan, Sekdus menerangkan pada masyarakat hasil keputusan adat Dusun Kuamang dan menyampaikan struktur perangkat dusun kuamang," kata Herman.

Acara adat ini juga dilanjutkan doa bersama, serta makan bersama anak negri, ninik mamak dan pemimpin dusun. Kemudian yang menariknya dilakukan panjat batang pinang. (RED)