Berkas Tak Lengkap, Kasus Pidana Pemilu Rahmad Derita Dihentikan

Berkas Tak Lengkap, Kasus Pidana Pemilu Rahmad Derita Dihentikan

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Rahmad Derita, Caleg DPR RI asal PPP bisa bernafas lega. Kasus pidana Pemilu yang menjeratnya ternyata tidak berlanjut ke penuntutan.

Sebab hingga saat ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi belum menerima berkas perbaikan, dari penyidik Gakkumdu Polda Jambi. Ada tiga permintaan jaksa yang harus dipenuhi, namun tak kunjung dilengkapi hingga berakhirnya masa penyelesaian di Kejaksaan.

Berkas Rahmad Derita itu dikembalikan ke penyidik sekitar tiga minggu lalu. Sebab dinilai belum lengkap. "Hingga kini sekitar tiga minggu lalu belum memenuhi petunjuk jaksa," kata Nilma, Koordinator Pidum Kejaksaan Tinggi Jambi, Selasa (26/2).

Kata dia berdasarkan peraturan dalam UU pemilu, berkas terkait pelanggaran pemilu ini hanya tiga hari boleh diproses. Setelah tiga hari dikembalikan ke penyidik Polda untuk dilengkapi. "Kepada penyidik polda juga diberikan waktu tiga hari. Jika tidak dipenuhi maka kasus berhenti," jelasnya.

Nilma menjelaskan kekurangan tersebut dikarenakan tidak adanya keterangan saksi meringankan dalam berkas. Mengacu pasal 116 KUHAP, harus ada keterangan saksi meringankannya. 

Kata dia yang diperiksa mengajukan saksi meringankan yaitu sopirnya. "Tapi tidak ada dalam berkas," tambahnya. (red)