Bupati Masnah Resmikan Pasar Rakyat Sengeti

Bupati Muarojambi Masnah Busro secara resmi membuka pasar rakyat Sengeti yang baru selesai dibangun oleh Pemkab Muarojambi.

Bupati Masnah Resmikan Pasar Rakyat Sengeti
Peresmian Pasar Sengeti oleh Bupati Masnah (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Bupati Muarojambi Masnah Busro secara resmi membuka pasar rakyat Sengeti yang baru selesai dibangun oleh Pemkab Muarojambi. 

Pasar semi modern tersebut dibangun di kelurahan Sengeti, Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi. 

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati pada Kamis (14/01/21) dan dihadiri oleh para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Muarojambi. Dengan diresmikannya pasar Rakyat Sengeti ini, ke depan aktivitas pedagang akan segera dilakukan di pasar baru ini. 

Pasar Sengeti ini merupakan pasar kalangan masyarakat yang biasanya ramai pada setiap hari Senin saban minggunya. Sebelumnya, lokasi pasar ini terletak di pinggir sungai Batanghari, namun dengan dibangunnya gedung baru pasar rakyat menggunakan APBD Kabupaten Muarojambi, kegiatan jual beli akan dialihkan ke lokasi baru ini yang tidak jauh dari lokasi semula.

Bupati Masnah menyebut, dengan dibangunnya pasar rakyat ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat. Bupati juga menyebut akan kembali menganggarkan dana untuk melengkapi bangunan yang ada di pasar seperti lampu penerangan, jalan rabat beton menuju pasar, serta konblok di lokasi pasar agar tidak becek saat hujan.

"Alhamdulillah pasar rakyat Sengeti telah diresmikan, nanti Dinas koperindag akan mengatur terkait relokasi perpindahan pedagang ke depannya," sebut Bupati Muarojambi Masnah Busro usai peresmian pasar tersebut Kamis (14/1/21).

Selain itu, untuk lokasi pasar sebelumnya, bupati berencana akan dijadikan ruang terbuka hijau untuk masyarakat.

"Untuk lokasi pasar yang lama ke depannya akan kita buat ruangan terbuka hijau sehingga bisa menjadi tempat wisata juga bagi masyarakat," kata Bupati.

Sementara itu, Kepala dinas PUPR Kabupaten Muarojambi, Yultasmi  menyebut pembangunan pasar ini menggunakan APBD murni kabupaten Muarojambi tahun 2020 dengan anggaran sebesar Rp4.9 miliyar.

"Alhamdulillah hari ini juga kita serah terima dengan Dinas Koperindag, selanjutnya Dinas Koperindag yang akan mengelolanya," ungkap Kadis PUPR Muarojambi.(adv)