DPRD Surabaya Ragukan Rekam Jejak Calon Direksi PD Pasar

DPRD Surabaya Ragukan Rekam Jejak Calon Direksi PD Pasar

BRITO.ID, BERITA SURABAYA - Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur, meragukan proses rekam jejak empat calon direksi Perusahaan Daerah Pasar Surya. Anggota Komisi B DPRD Surabaya Achmad Zakaria di Surabaya, Senin (17/12), mengatakan pihaknya mengaku belum puas dengan proses rekutmen yang dilakukan Badan Pengawas Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) yang sampai saat ini sudah memasuki tahap akhir.

"Terutama dari proses rekam jejak yang hanya mengandalkan keseharian para calon di pemukimannya " katanya.

Seharusnya, lanjut dia, masyarakat secara terbuka bisa memberikan masukan soal kapasitas para calon direksi mulai dari perilaku kesehariannya sampai prestasi-prestasi dan kemampuan manajerialnya.

Ia berharap perekrutan kali ini berhasil memilih direksi termasuk direktur utama agar anggaran yang dikeluarkan tidak sia-sia seperti tiga kali perekrutan sebelumnya yang menghabiskan anggaran sekitar Rp200 juta setiap kali perekrutan.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Komisi B DPRD Surabaya Mazlan Mansyur. Ia mengaku kriteria sosok dari para calon direktur di PDPS belum menyentuh persoalan yang selama ini dihadapi oleh PD Pasar Surya.

"Kami berharap ada kualitas dari hasil perekrutan Direksi PDPS kali ini," katanya.

Anggota Badan Pengawas (Bawas) PDPS Bambang Supriyadi menjelaskan proses rekrutmen empat calon direktur di PDPS melalui seleksi administrasi, uji kompetensi, psikotes, orientasi pasar berupa dialog dengan pedagang dan rekam jejak serta uji kelayakan dan kepatutan. "Selama ini proses rekrutmen sudah transparan," katanya.

Ketua Bawas PDPS Surya Rusli Yusuf menjelaskan uji kelayakan dan kepatutan calon Direksi PDPS hingga kini masih berjalan dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang.

"Kami akan usulkan tiga nama calon direktur utama dan dua nama untuk masing-masing calon direktur. Sekarang Bawas dan tim panitia seleksi masih melakukan rekam jejak ke masing-masing calon direksi, sebelum nama-nama itu di ajukan ke wali kota," katanya. Adapun 16 calon direktur PDPS meliputi calon Direktur Utama yakni Angga Primadi Purbianto, RM Muchlissaleh Diponegoro, Zandi Ferryansa dan Teguh Wijayanto.

Sedangkan untuk posisi calon Direktur Administrasi Keuangan meliputi Muhammad Eddy Rosyadi, Yanuar Budianto, Fajar Raharjo dan Sutjahjo. Untuk calon Direktur Pembinaan Pedagang yakni Roy Hermawan W, Wahyu Siswanto, Abdulloh dan M Taufikurahman. Terakhir untuk calon Direktur Teknik dan Usaha yakni Heru Rachim Kurniawan, Muhibudin, Yusuf Wibisono dan Rakhmad Yulianto. (RED)