Fachrori Apresiasi Semangat Warga Ikuti Senam, Jalan Santai dan Panjat Pinang

Fachrori Apresiasi Semangat Warga Ikuti Senam, Jalan Santai dan Panjat Pinang
Gubernur Jambi H Fachrori Umar menonton lomba panjat pinang. (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI – Masyarakat Provinsi Jambi antusias mengikuti acara hiburan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Minggu (25/08/2019).

Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan senam bersama, kemudian jalan sehat, dan selanjutnya lomba panjat pinang, yang memang ditujukan untuk dilakukan bersama-sama dengan masyarakat.

Masyarakat dari berbagai kalangan usia, baik anak-anak, remaja, pemuda, dewasa, dan para orangtua bersama-sama mengikuti acara hiburan yang dibuka Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, M.Hum.

Hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, serta Sekda Provinsi Jambi M. Dianto selaku Ketua Penyelenggara. Kemudian Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Hj Neta Dianto, para kepala OPD Pemerintah Provinsi Jambi juga hadir dalam acara ini.

Gubernur Jambi, H Fachrori Umar melepas jalan santai, didampingi Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Gharlesn Bonardo Sadatua Nasution. 

Fachrori mengapresiasi semangat warga mengikuti senam bersama, jalan sehat, dan panjan pinang, serta berharap acara hiburan tersebut bisa meningkatkan kebersamaam masyarakat dengan pemerintah, untuk bersama-sama membangun Provinsi Jambi.

Fachrori menyatakan bahwa melalui kegiatan jalan sehat dan senam bersama dijadikan sebagai momentum membangun semangat persaudaraan untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar aparatur maupun masyarakat.

Dengan semangat persatuan dan kesatuan tersebut diyakini dapat mendorong peningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian pelayanan optimal.

“Kita mengisi kemerdekaan dengan kerja baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini  juga menunjukkan persatuan dan kesatuan diantara kita, semangat persatuan dan kesatuan kita sudah terbangun dan harus terus ditingkatkan,” ungkap Fachrori. 

Selain itu, Fachrori mengemukakan, momentum peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dapat juga dijadikan kilas balik atau refleksi dalam rangka mewujudkan percepatan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Jambi

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi dan pribad, saya  mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga dan masyarakat Provinsi Jambi yang turut memeriahkan HUT ke-74 RI tahun 2019, tentunya kita berharap bisa mewujudkan percepatan pembangunan di Provinsi Jambi ini," ujar Fachrori.

"Lomba Panjat Pinang, Senam dan Jalan Sehat sudah menjadi agenda rutin kita setiap tahunnya, yang mengandung makna agar kita selalu meningkatkan rasa persaudaraan diantara kita dan rasa kebersamaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat terwujud untuk kita bersama, dalam mencapai persatuan bangsa," sambung Fachrori.

Fachrori mengajak masyarakat untuk membuang jauh-jauh setiap sikap dan perilaku yang dapat menimbulkan keretakan hubungan sesama warga.

"Sikap yang kurang baik hendaknya dibuang jauh-jauh, menghentikan setiap perbedaan kepentingan yang dapat mengarah konflik sosial. Mari isi kegiatan kita dengan belajar, untuk kemajuan bersama sudah sepantasnya kita saling bertukar pikiran dengan cara positif," tutur Fachrori

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi, Drs HM Dianto, M.Si menyampaiakan, rangkaian puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI bertujuan mengajak masyarakat Provinsi Jambi untuk hidup lebih sehat dan gemar berolahraga agar dapat meningkatkan produktivitas kerja sesuai dengan gerakan Ayo Olahraga, kedua, menjalin persatuan dan kesatuan antar sesama warga, dan ketiga memberikan hiburan kepada masyarakat di Provinsi Jambi.

"Pada hari ini kita telah menyediakan 40 batang pinang dan hadiah lainnya yang dipersiapkan mulai dari sepeda, setrika, kipas angin magicom, kompor gas, handuk, dan pakaian. Setiap batang pinang akan diisi oleh 2 regu.Berarti total semua hampir 560 orang peserta," ungkap Sekda.

"Menariknya, dari 40 batang pinang itu, ada 3 batang pinang juga dengan ketinggian sekitar 5 meter khusus power of emak-emak," kata Sekda.

Hadiah jalan santai (jalan sehat) diantaranya satu unit kendaraan roda dua, kulkas dua unit, kipas angin, TV, mesin cuci, sepeda dan alat alat elektronik lainnya. Kupon dibagikan langsung kepada masyarakat di lapangan.

"Ini merupakan tradisi kita masyarakat Indonesia dalam memeriahkan suatu momen hasil perjuangan pahlawan-pahlawan kita untuk dirayakan setelah kemerdekaan, artinya salah satu bentuk syukur kita," pungkas Sekda. (ADV/Den)