Hutan seluas 4 hektare milik Perhutani di Ponorog terbakar

Hutan milik Perum Perhutani seluas sekitar empat hektare di Desa Tugurejo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terbakar sejak Kamis (5/7) malam.

Hutan seluas 4 hektare milik Perhutani di Ponorog terbakar

BRITO.ID - Hutan milik Perum Perhutani seluas sekitar empat hektare di Desa Tugurejo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terbakar sejak Kamis (5/7) malam.

Menurut informasi yang dihimpun pejabat penerangan Kodim 0802/Ponorogo, Serka Didik Kurniawan, bahwa berdasarkan laporan sejumlah personel TNI yang ikut melakukan pemadaman di lokasi, kebakaran terjadi di petak 117c Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sawoo.

"Kebakaran hutan yang terjadi sejak Kamis malam, melalap setidaknya empat hektare lahan hutan RPH Sawoo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bondrang yang berdekatan dengan Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo," ujar Didik.

Menurut dia, Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dalam (Bati Tuud) Koramil Sawoo, Peltu Nyoman dan Babinsa Tugurejo bersama tiga orang anggota Polsek Sawoo, petugas Perhutani serta masyarakat sekitar lokasi kebakaran telah berusaha memadamkan kobaran api secara manual.

Dia menuturkan, upaya pemadaman dilakukan dengan sistem tradisional 'gepyok' manual menggunakan ranting pohon.

"Upaya pemadaman kebakaran dilakukan dengan menggunakan 'gepyok' manual. Karena lokasi kebakaran jauh dari sumber air," kata Didik menjelaskan.

Kebakaran hutan tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Sedangkan kerugian materiil masih dilakukan pendataan oleh petugas Perhutani RPH Sawoo dengan melibatkan aparat kepolisian setempat.