Indonesia Terpilih jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dan delegasi Indonesia meluapkan kegembiraan mereka saat Indonesia terpilih menjadi salah satu dari lima angota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, di Markas Besar PBB di New York, 8 Juni 2018. Teruskan

Indonesia Terpilih jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
Indonesia Terpilih jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

BRITO.ID - New York. Indonesia mengalahkan Maladewa dalam satu-satunya pemilihan untuk memperebutkan kursi di Dewan Keamanan PBB mulai 1 Januari mendatang, dan akan bergabung dengan badan paling berpengaruh di PBB itu bersama-sama dengan Jerman, Belgia, Afrika Selatan dan Republik Dominika.

Presiden Majelis Umum PBB, Miroslav Lajcak mengumumkan hasil pemungutan suara yang berlangsung secara rahasia itu hari Jumat (8/6).

Empat negara lainnya yang mencalonkan diri tanpa lawan di Majelis Umum yang beranggotakan 193 negara itu masing-masing menerima lebih dari 180 suara. Indonesia yang meraih 144 suara mengalahkan Maladewa yang meraih 46 suara.

Dewan Keamanan memiliki lima anggota tetap dan 10 anggota yang dipilih majelis untuk masa jabatan dua tahun. Lima negara dipilih sebagai anggota tidak tetap setiap tahun.

Memenangkan kursi di Dewan Keamanan merupakan puncak pencapaian bagi banyak negara, karena hal ini memberi mereka suara yang kuat dalam banyak hal yang terkait dengan perdamaian dan keamanan internasional.