iPhone 11 Membuat Penderita Trypophobia Menjadi Takut, Penyakit Apa Itu?

iPhone 11 Membuat Penderita Trypophobia Menjadi Takut, Penyakit Apa Itu?
Ilustrasi trypophobia. Pimplepoopper.org

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Trypophobia menjadi salah satu trending topik di media sosial pada Rabu 11 September 2019. Trypophobia ternyata salah satu bentuk ketakutan alias phobia. Lucunya warganet mengaitkan rasa takut itu dengan salah satu ponsel iPhone seri terbaru, iPhone 11. Desain iPhone 11 ternyata memiliki desain tiga bulatan lensa kamera.

"Apakah ini hanya saya saja atau orang lain juga mengalami penyakit trypophobia dari iPhone? Hal ini membuatku cemas @Apple," tulis @Cassiee pada 11 September 2019 di akun twitternya.

Sebelumnya, Apple meluncurkan iPhone 11 baru dalam acara tahunannya Selasa, 10 September 2019, di Cupertino, Amerika Serikat. Beberapa pemirsa memberikan perhatian pada satu detail tertentu, yaitu banyaknya lensa kamera di bagian belakang.

Dikutip Gizmodo, Selasa, 10 September 2019, meskipun kemungkinan berguna untuk mengambil foto, bagi mereka yang menderita trypophobia, kurang senang dengan desain iPhone baru itu. Dengan iPhone 11 yang baru, Apple telah memperkenalkan lensa kamera belakang perangkat. Pada model iPhone Pro yang baru, raksasa teknologi ini telah menambahkan dua lensa lagi, dengan hasil akhir berupa sudut tiga kamera yang penuh sesak.

Trypophobia adalah ketakutan akan lubang atau gundukan yang berdekatan, dengan sebagian besar penderita tidak tahan melihat hal-hal itu seperti contohnya sarang lebah. Seperti dikutip SehatQ, sama dengan fobia-fobia lainnya, phobia lubang juga memicu rasa takut, jijik, dan cemas pada penderitanya. Penderita phobia lubang merasa cemas saat diperlihatkan dengan pola-pola lubang yang kecil dan saling berkerumun. Beberapa contoh benda-benda yang dapat memicu phobia lubang adalah, gelembung-gelembung sabun, biji lotus, buah delima, dan sebagainya.

CEO Tim Cook memperkenalkan iPhone 11 Pro baru di kantor pusat mereka di Cupertino, California, AS 10 September 2019. Selain iPhone 11, Apple juga resmi merilis versi Pro dan Pro Max. Perbedaan paling mencolok dengan varian standar adalah lensa kamera utamanya berjumlah tiga. REUTERS/Stephen Lam

Meskipun terdapat beberapa kasus yang memperlihatkan bukti dari keberadaan fobia ini, tetapi fobia lubang belum secara resmi diakui dan dicantumkan di Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders edisi kelima (DSM-5).

Gejala yang dialami oleh penderita phobia lubang dapat berupa, mual, berkeringat, serangan panik, gatal-gatal di kulit, perasaan jijik, takut, atau tidak nyaman, stres, merinding, dan sensasi kesemutan (skin crawling).

Penelitian yang dilakukan di Afrika pada tahun 2017 mengenai phobia lubang mendapati bahwa sebagian besar penderita phobia lubang lebih cenderung merasakan rasa jijik daripada takut saat dihadapkan pada kerumunan lubang kecil. (RED)